Menghidupkan yang Terlupakan

Standard

Kemarin, saya bermotor dengan Papa. Di perjalanan, beliau tiba-tiba nyeletuk. “Tahun depan Papa 70 tahun, rasanya udah tua banget. Padahal cuma beda setahun dari umur sekarang, tapi karena masih ada angka 6-nya, jadi nggak terlalu kepikiran. Giliran udah 70, langsung merasa tua.”

Saya tertawa kecil. Saya paham betul apa yang Papa saya maksud. Ketika usia kita sudah ditambah satu dekade, memang mendadak jadi seperti uzur sekali. Waktu memang berjalan begitu cepat ya. Rasanya baru kemarin saya menjadi seorang anak kecil, remaja, dewasa… tau-tau sudah masuk usia yang bikin saya nggak berani lupa perawatan wajah supaya tetap terlihat 10 tahun lebih muda. Sama halnya dengan pergantian tahun. Tau-tau kurang dari 2 hari, kita akan memasuki 2024. Tahun 2023 hilang begitu saja dalam sekejap mata…

Ngomongin akhir tahun, seperti biasa, menjadi momen untuk saya bersih-bersih rumah total. Kalo sehari-hari hanya disapu dan di-pel, khusus akhir tahun, saya akan beberes mulai dari menghilangkan debu yang menempel di tempat yang tak pernah disentuh: atas lemari, sudut-sudut jendela, bingkai foto, pajangan, sampai melegakan rumah dengan membuang barang-barang tidak terpakai: entah karena rusak, atau masih bagus namun tidak pernah digunakan.

Tahun ini, karena saya juga mendekorasi ulang ruang kerja, saya menemukan satu hal yang “terlupakan” dari masa lalu saya. Hal yang dulu bisa dibilang menjadi bagian hidup, namun sejak beranjak dewasa sudah tidak lagi saya lakukan, yaitu membuat jurnal. Dari SD sebenarnya saya sudah hobi menulis buku harian, tapi membuat jurnal baru saya lakukan ketika SMA sampai kuliah dan awal-awal kerja.

Ada jurnal yang isinya surat-surat, curhat teman, testimoni teman tentang saya, ada jurnal yang diisi bareng sama teman, bahkan ada jurnal khusus gebetan… Ya Tuhan! Geli banget, jurnal gebetan itu diisi tiap hari dengan informasi gebetan saya ngapain, saya ketemu dia di mana, dia ke sekolah naik apa, pake jaket warna apa, sampe ada bungkusan wafer Tango yang doi kasih ke saya pas doi ulang tahun.

Juga, banyak yang tertuang di jurnal-jurnal tersebut saya lupa sama sekali kalo bukan diingatkan dari membuka tiap lembar halaman jurnal. Senangnya bisa sekedar menyelami kenangan-kenangan yang tersimpan.

Dari situ, saya jadi berpikir untuk mulai membuat jurnal lagi. Kebetulan, waktu sepupu saya liburan ke Jepang, dia membawakan saya oleh-oleh jurnal 2024. Jadi pas banget kan bisa saya gunakan. Aduh… Bener-bener deh, saya masih ingat perasaan bahagia saya dulu ketika duduk menghabiskan waktu untuk membuat jurnal. Meja belajar dan tempat tidur saya bisa berantakan penuh pulpen, kertas, lem, gunting dan bahan-bahan lain. Nggak pake lama, saya pun langsung meluncur ke Tokopedia buat memesan kebutuhan nge-jurnal. Ada semangat lama yang kembali menyala.

Selain membuat jurnal, tahun depan saya juga memutuskan untuk memberi lebih banyak cinta ke game console yang saya punya. Kemarin waktu beberes saya baru ngeh kalo saya punya Nintendo Switch! Hadiah ulang tahun saya tahun 2020, namun sejak 2021 kembali masuk kotak karena kesibukan tidak mengizinkan saya untuk memainkannya.

Entah siapa yang pernah bilang, tapi katanya, kalo kita bingung kita mau jadi apa, atau sedang jenuh dengan kehidupan kita yang rasanya kok monoton, kita diminta untuk ingat-ingat, atau bahkan tanya ke orangtua, waktu kecil kita hobinya apa? Katanya sih, dari situ bisa ketauan apa sebenarnya yang jadi passion kita, yang bisa kita pakai untuk mendalami suatu karir, atau sekedar mewarnai hidup dengan hobi lama.

Saya tau persis, tanpa harus konfirmasi ke Papa Mama, jawabannya adalah baca buku, nulis buku harian, nge-jurnal, dan main game (meski waktu kecil mainnya numpang di rumah saudara). Membuat jurnal dan main game, itu yang terlupakan… dan saya akan hidupkan kembali di tahun depan.

Leave a comment