Shuttle Bus Bandara Don Mueang Bangkok

Standard

Ada dua bandara yang melayani penerbangan internasional di Bangkok, yaitu Suvarnabhumi dan Don Mueang. Biasanya, maskapai “mahal” mendarat di Suvarnabhumi, sedangkan Don Mueang jadi tempat perhentian maskapai “murah”. Dari kedua bandara tersebut, kita bisa menuju pusat kota Bangkok dengan mudah dan lebih terjangkau daripada taksi (terutama untuk kamu yang solo traveller atau backpacker irit macem saya), yaitu naik kendaraan umum.

Suvarnabhumi punya kereta Airport Rail Link (ARL) yang terkoneksi ke Bangkok Transit System (BTS) skytrain Phaya Thai. Dari situ tinggal nyambung deh ke stasiun BTS lain, atau ke stasiun Metropolitan Rapid Transit (MRT) subway. Ada juga bis di Gate 7 lantai 1 yang stop di wilayah Khaosan Road.

Processed with VSCO with e3 preset

Yeay! Sepupu saya Thea akhirnya menginjakkan kaki pertama kali di Bangkok.

Bagaimana kalo mau ke pusat kota dari Don Mueang? Kebetulan, belum ada jalur kereta seperti Suvarnabhumi, tapi ada shuttle bus yang siap mengantar kita ke titik-titik perhentian di wilayah populer Bangkok.

Lokasi penjemputan ada di Bandara Don Mueang Terminal 1 Gate 6, dan Terminal 2 Gate 12. Keluar aja. Beberapa langkah dari situ ada tempat untuk nunggu bis datang. Carilah bis yang berhenti paling dekat dengan lokasi penginapan kamu.

Processed with VSCO with e3 preset

Naik AirAsia turun di Terminal 1, jadi saya dan Thea pergi ke Gate 6.

Bis A1 (BTS Chatuchak): Stop di Terminal Bis Chatuchak, dari situ tinggal jalan kaki ke BTS Mo Chit atau MRT Chatuchak Park. Ongkos 30 Baht.

Bis A2 (Victory Monument): Stop di BTS Saphan Khwai, BTS Ari, BTS Sanam Pao, BTS Victory Monument. Ongkos 30 Baht.

Bis A3 (Lumphini Park): Stop di Pratunam, Ratchaprarop, Ratchaprasong, Central World, BTS Ratchadamri, Lumphini Park. Ongkos 50 Baht.

Bis A4 (Sanamluang): Stop di Democracy Monument, Khaosan Road, Sanamluang. Ongkos 50 Baht.

Processed with VSCO with e3 preset

Processed with VSCO with e3 preset

Bis-bis tadi rata-rata beroperasi dari jam 7 pagi hingga jam 11 malam dengan frekuensi 30 sampai 60 menit. Di atas bis akan ada kondektur yang menagih ongkos. Siapkan uang kecil ya!

Processed with VSCO with e3 preset

Untuk pulangnya, kamu tinggal nunggu bis menuju Don Mueang di tempat kamu berhenti. Perhitungkan waktu sebaik mungkin setidaknya satu jam untuk menunggu bis datang. Jangan segan-segan bertanya ke petugas lalu lintas yang berjaga kalo kamu nggak yakin. Meski mereka nggak fasih Bahasa Inggris, dengan hanya menyebut “to Don Mueang” mereka mengerti kalo kamu mau naik bis menuju bandara.

Processed with VSCO with e3 preset

21 thoughts on “Shuttle Bus Bandara Don Mueang Bangkok

  1. Waduh, jadi pengen ke Bangkok lagi. 7 tahun lalu naik MH turun di BKK, mudah banget naik kereta. Ternyata naik bus dari DMK juga mudah ya (kelihatannya), ntar naik Air Asia atau Lion Thai deh.

  2. Burungdara

    Bis dari bandara menuju victory monument beneran sampe jam 11 mlm? Tp ko d gambar sampe jam 9 aja? Sorry ribet nanya nya bulan depan mau ke bangkok wkwk

    • Iya itu kayaknya 9.45 dari Victory Monumentnya. Jadi sampe bandara kisaran jam 11. Soalnya pas kemarin itu saya nunggu bis udah di atas jam 10 dan masih ada menuju Victory Monument. Tapi cari alternatif juga aja kalo-kalo nanti berbeda.

    • Saya naik yang jurusan BTS Chatuchak. Dari sana lanjut kereta ke BTS Ratchathewi. Setelah turun dari kereta dan menuruni tangga, ambil Exit ke kiri, lalu turun tangga penyebrangan sebelah kanan. Balik arah, dan lurus terus sampai ketemu perempatan. Setelah nyebrang, susuri pertokoan di sebelah kanan sampai terlihat toko serba ada 7-Eleven. Belok deh ke gang pertama setelah 7-Eleven. Kamu akan melihat plang Glur Central Pratunam.

    • Halo aku kurang tahu kalo dari Don Mueang langsung. Pastinya sih harus naik bus bandara dulu, pilih yang haltenya paling dekat dengan Grand Palace. Aku biasanya check pake Google Maps sih kalo mau tau transportnya. Bisa coba-coba dari kita di Indonesia, gak harus pas di sananya.

  3. nemu sedikit pencerahan ke Glur
    nyoba bayangin rutenya dari bts kok kayak jauh ya mb? susah ga ya?
    minggu depan berangkat & kebetulan milih ke glur nih di hari 1

    • Halo! Maksudnya Glur Hostel ya? Kalo dari BTS gampang banget karena lokasi deket BTS. Di tulisan aku tentang hostel tersebut, aku tulis petunjuknya: Glur Central Pratunam Bangkok terletak dekat dengan BTS Ratchathewi. Setelah turun dari kereta dan menuruni tangga, ambil Exit ke kiri, lalu turun tangga penyebrangan sebelah kanan. Balik arah, dan lurus terus sampai ketemu perempatan. Setelah nyebrang, susuri pertokoan di sebelah kanan sampai terlihat toko serba ada 7-Eleven. Belok deh ke gang pertama setelah 7-Eleven. Kamu akan melihat plang Glur Central Pratunam. Jalan kaki 5-10 menit aja.

  4. silvia

    Halo mau tanya dong kalo mau pulang ke bandara don mueng, naik bis A3 lagi bisa gak ya? tunggu bis nya dimana? kebetulan hotel saya di pratunam dekat indra square thanks

    • Halo. Seperti yang aku tulis di blog, pulangnya bisa pakai bis yang sama ke bandara. Tinggal tunggu di halte tempat kamu turun ketika datang. Nanti di sana, ada petugas/polantas. Bilang aja “to Don Mueang” nanti mereka akan kasih tau tunggu di mana tepatnya.

  5. Yani

    Mau tanya, klo saya mau naik taxi saja dr mo chit ke daerah pratunam, jam 6an. kena brp ya kira2 ?, trs taxi di mo chit apakah mudah di dapat?

Leave a comment