ARCH Guitar: Bengkel Gitar #1 Balikpapan

Standard

Dunia itu sempit.

“Lo orang Depok??” tanya saya kaget. Saya sedang di Kalimantan Timur. Ngumpul bareng suami dan kawan-kawannya. Yang bernama Arif bilang dia lahir di Balikpapan, tapi besar di Depok dan baru delapan tahun lalu¬†kembali ke Kota Minyak.

“Iya, Pondok Terong sono.”

Makin melotot mata saya. Terkezut. “Nggak jauh dari rumah gue dong! Lo tau jembatan Ratujaya nggak, yang ada TK?”

“Tauuu! Kalo nggak salah di sono kan ada studio musik? Tempat nongkrong gue itu.”

JEDEER! Tambah terkezut. Seru sekali. Ternyata ya, mungkin waktu kami remaja dulu, kami pernah bertatap muka. Studio musik yang dia maksud itu milik om saya, yang lokasinya satu tanah dengan rumah dan TK yang saya maksud, alias rumah yang saya tempati sejak lahir. Kami ngakak. Perbincangan makin seru memenuhi sudut rumah yang terletak di gang senggol itu.

“Siap gue wawancara?” tanya saya. Keberadaan saya memang bukan semata untuk urusan ngalor ngidul. Lelaki berkulit hitam dengan tubuh sedikit mungil ini sosok yang dicari-cari pembetot senar di Balikpapan dan sekitarnya. ARCH Guitar, nama yang disingkat dari nama asli si pemilik: Arif Cahyono, adalah mesin uangnya sejak 2013. Sudah lama saya ingin menulis sepak terjang dia di dunia reparasi dan custom gitar.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Oke lah, kita mulai dari latar belakang kehidupan lo!

Wuaaahhh! History kah??? Wakwakwak! Kayak yang ai bilang, ai¬†lahir¬†di Balikpapan, gede dan sekolah di Depok. Waktu STM ai¬†ambil jurusan Elektronika dan Audio Video. Kuliah? Ahhh suram lah!! Hahaha… Lulus STM ai¬†masuk Matsushita Gobel Institute di Panasonic. Nggak lama sih. Abis itu luntang-lantung, sempet juga ketok pintu dari rumah ke rumah ditemenin gitar akustik tercinta. Hahaha… Ngamen itu mah yak? Barulah tahun 2008 ai¬†migrasi ke Balikpapan. Masuk ke MG Music Gramedia sebagai teknisi alat musik dan olahraga. Sempet juga di Total E&P Indonesie. Nah, di pertengahan 2013 ai¬†mulai bantu temen-temen gitaris yang punya masalah sama gitarnya. Berhubung ai¬†keluaran Elektronika dan pencinta gitar,¬†jadinya klop banget nih. Akhirnya ai¬†daftarkan nama ARCH Guitar dan resmi ai¬†komersilkan tanggal 19 September 2013.

Kalo orang nanya, ARCH Guitar tuh apa sih? Gimana lo jelasinnya?

You pasti punya atau pernah punya temen baik yang siap sedia membantu dalam hal apapun kan? Nah, ARCH Guitar ya gitu, pengen banget jadi temen baiknya gear-gear para gitaris, basis, pianis atau instrumen musik apapun yang berdawai. Ai¬†merasa alat musik¬†tuh punya nyawa dan butuh temen baik ketika sakit atau kenapa-kenapa. Teknisi yang cuma bisa betulin mah banyak, tapi yang betulin pake hati?? Hmmm… You know lah!

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Emang jasa apa aja yang ditawarkan ARCH Guitar?

Dari reparasi ringan sampai super duper berat ai layanin. Rewiring, ganti parts, intonation setting, action setting, playability setup… Bahkan gitar patah leher juga diterima. Mau modifikasi biar lebih “gue banget” juga hayok.

Biayanya dong bisikin! 

Harga terbaru April 2016, kalo untuk playability setup gitar non-whammy bar kisarannya Rp. 125,000 sampe Rp. 250,000. Rewiring non-parts kisaran Rp. 175,000. Untuk kerusakan, ada hitungan sendiri. Kalo dirasa harga reparasi lebih mahal dari beli gear baru, ai biasanya saranin ke si pemilik untuk nggak melakukan reparasi. Mending upgrade gear aja ke kelas yang lebih tinggi.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Kalo cuma mau konsultasi boleh?

Wahhh! Ai paling demen dah kalo ada yang dateng ke bengkel trus mau konsultasiin gear-nya biar lebih ciamik. Ai bakal kasih saran-saran yang asoy geboy. Apalagi kalo pengen bikin gitarnya jadi lebih personal. Sekarang sih konsultasi masih gratis, nggak tau ke depannya. Hahaha! Ai lebih suka kalo calon pelanggan dateng langsung ke bengkel daripada konsultasi lewat BBM atau WhatsApp. Ribet.

Ada nggak tips merawat gitar biar awet?

Tips yak??? Hahaha… (Wawancara Arif memang penuh tawa)¬†Simple sih. Cukup sayangin gitar lo seperti lo menyayangi diri sendiri. Yang paling ai wanti-wanti jangan sampe gear¬†berbahan kayu lo¬†kejemur di bawah terik matahari atau ditinggal di dalam mobil pas keadaan lagi terik. Soalnya gini, kayu tersebut kan disambung pake lem yang bisa aktif karena¬†panas, bayangin aja kalo tuh gear dalam kondisi ter-setem dengan tegangan senar sebegitu kencang dan tiba-tiba lem panasnya¬†aktif; nangis darah kalo sampe itu terjadi.

Hahaha… Ngeri! Pertanyaan terakhir. Apa aja suka duka jalanin ARCH Guitar?¬†

Hmmm…¬†Kalo ditanya suka duka ya ai¬†jawab gak ada. Soalnya ini passion ai. Ai nggak bosen ketemu gitar tiap hari, tiap waktu, tiap saat. Ai seneng pelanggan puas sama jasa ai, dan mereka yang promosiin dari mulut ke mulut. Jaga kualitas itu wajib, karena harapan ke depan¬†ai pengen ARCH Guitar dikenal bukan cuma di Balikpapan dan sekitarnya, melainkan dunia.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

ARCH Guitar: Jl. Gurinda 4 Kilo 1,5 Balikpapan (Gang masuk SMK Nusantara)

Advertisements

22 thoughts on “ARCH Guitar: Bengkel Gitar #1 Balikpapan

  1. Kalau mau berkarya apapun biaa jadi lahan kreativitas ya Mbak. Saya baru tahu gitarin ada reparasinya. Sukses untuk ARCH….Hahaha wawancaranya pasti seru ya, eks tetangga ketemu di tempat jauh

    • Hai gan, ummm maaf gan dari saya personal gak merekomendasikan meng-custom (bahasa kerennya, maksud asli nya memalsukan produk yang sudah ada). Saya pribadi lebih merekomendasikan gitar starter, seperti misal Epiphone, Squier, Radix, Rockwell, Cort, dan lain-lain gan.

      Soalnya jauh lebih worth ketimbang kasteman.

  2. Yans blue

    Bang mo tanya nii , gitar ane patah ni neck / stang gitar nya klo pesan kira” bisa gak n untuk budget nya kisaran brp tuh bang .

    • Mohon maaf sebelumnya, kalau pemesanan neck dan body kita tidak menerima, tapi gitar nya yang patah bisa langsung dibawa ke workshop ARCH untuk dianalisa patahannya.
      Untuk biaya nya, gitar yg bermasalah dicek mendalam dulu baru setelah itu bisa diestimasikan biaya perbaikannya.

  3. Mohon maaf sebelumnya, kalau pemesanan neck dan body kita tidak menerima, tapi gitar nya yang patah bisa langsung dibawa ke workshop ARCH untuk dianalisa patahannya.
    Untuk biaya nya, gitar yg bermasalah dicek mendalam dulu baru setelah itu bisa diestimasikan biaya perbaikannya.

    • Yans blue

      Ooh bgtu , makasih infonya bang soalnya gitar saya nek nya sudah fatal patah nya kirain bisa pesan neck nya bang klo body kan bisa di copot punya saya gitar elektrik

  4. Reinaldy

    Bang, di ARCH guitar juga ada ngejual aksesoris gitu gak? Kayak saddle, pickguard, dll.. Trus ada jasa repaint juga gak bang?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s