Asyiknya Unduh Mantu

Standard

Pernikahan pastinya dipersiapkan dengan hati. Tapi bahkan hal yang dilakukan dengan hati, kadang bisa bikin kita merasa seperti “Aduh, ribet banget sih!

Dan itulah yang terjadi, menyiapkan pernikahan dibilang banyak orang tidak mudah. Mungkin supaya saking ribetnya, kita pun sampe berpikir untuk tidak mau menikah lagi, yang akhirnya memang itu kan yang semua pasangan inginkan? Menikah hanya sekali dengan pasangan pilihan. πŸ˜‰

Setelah Akad Nikah dan pesta pernikahan di Depok selesai 19 November 2011, 3 hari yang lalu tepatnya di hari pertama tahun 2012, saya dan suami melangsungkan prosesi Unduh Mantu di Balikpapan, kota kelahiran suami sekaligus tempat tinggal keluarga besarnya. Pesta sederhana, tapi meriah. Saya diminta untuk memakai Adat Jawa, padahal sebelumnya saya hanya disuruh menyiapkan Kebaya saja. Tapi rupanya keluarga suami berhasil menemukan busana yang sesuai dengan ukuran saya. Saya sempat disuruh mengenakan baju Dodot juga, tapi mengingat lengan saya besar dan suami saya badannya kurus, maka kami pun menolak. Haha… Busana pengantin Adat Banjar pun sempat ditawarkan.

Yang berat dari busana Adat Jawa adalah kondenya. Saya sampe susah nengok dan cuma bisa menundukkan kepala seperti gadis ayu.

Kebaya yang saya sudah siapkan dipakai juga. Kali ini Dukun Manten membuatkan Jambul Khatulistiwa untuk saya.

Unduh Mantu di Balikpapan membuat saya melihat banyak perbedaan tata cara kondangan. Di sana, umumnya orang-orang datang dan makan dulu, baru setelah itu menemui pasangan pengantin dan pamit pulang. Selain itu, karena kami melaksanakan Unduh Mantu di rumah, para tamu masuk layaknya memasuki rumah, yaitu buka alas kaki dan ketika kursi-kursi di luar penuh, mereka makan di lantai di ruang pengantin. Menurut saya ini gambaran kesopanan dan kekeluargaan yang cukup unik.

Ayo makan bersama!

Om saya bilang, saya harus bersyukur karena menurut beliau pernikahan saya spesial, banyak busananya. Alhamdulillah

Untuk Mama Papa saya, ini pertama kalinya mereka datang ke Balikpapan. Walaupun hanya 3 hari saja, tapi mereka menikmati berada di tengah-tengah keluarga suami dan berjalan-jalan keliling kota.

Advertisements

One thought on “Asyiknya Unduh Mantu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s