Ingatan Masa Kecil

Standard

Awalnya sederhana. Kumpul di ruang tamu rumah Nenek bareng adik dan adik ipar. Obrolan merembet ke tingkah laku bodoh di masa lalu. Manjat pohon, menemukan sarang burung, menjatuhkan telurnya dan matilah si calon anak burung. Turun ke empang, niat mau nyolong ikan tetangga, eh malah tercebur sampai kelelep seleher. Gangguin adik mandi, dikejar-kejar keluar rumah dalam kondisi si adik telanjang…

Saya yakin banyak yang punya ingatan kuat akan masa kecil mereka. Entah itu ingatan akan suasana tempat tinggal dulu, di mana kalau sore hari banyak abang-abang menjajakan somay, gulali, gorengan. Di lapangan anak-anak main sepeda, layangan atau sekedar lari-larian. Atau gambaran keadaan kelas jaman SD. Duduk di kursi kayu, dinding penuh poster pahlawan nasional, papan tulis hitam penuh bekas kapur. Sampai ke ingatan akan jajanan, iklan, permainan, serial TV dan lagu di masa itu.

Gara-gara obrolan dengan si adik dan istrinya, kemarin sore saya iseng-iseng mengunduh lagu dari penyanyi cilik favorit saya di tahun 1990an, tahun di mana saya menghabiskan masa kanak-kanak. Justin Bieber baru lahir tuh. Awalnya cuma satu lagu, Diobok-Obok oleh Joshua Suherman. Lalu satu-satu saya ingat Maissy, Chikita Meidy, Eno Lerian, Trio Kwek-Kwek, Saskia dan Geofanny, Melisa, Susan, Aan, Neno Warisman dan Aulade Gemintang, sampai tak terasa puluhan lagu pun tersimpan di telpon genggam saya.

Satu persatu saya dengarkan, dan tiap lagunya membawa saya ke banyak kepingan masa kecil. Saya sampai senyum-senyum sendiri dan bahkan meneteskan air mata. Menyadari tahun-tahun itu sudah berlalu, dan saya kini sudah bisa dibilang tidak muda lagi…

Ah… Kenangan. Hanya tersimpan di benak. Tak selalu menyenangkan. Masa kecil saya juga ada sisi gak enak… Tapi toh saya berhasil melewati. Dan buat kamu yang mau mengenang lagu-lagu anak tahun 1990an, silahkan cek www.copiluvhera.wordpress.com atau cukup ke 4Shared saja. Selamat menikmati.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s