15 Hal Kenapa Saya dan Kamu Wajib ke Gold Coast, Australia

Standard

Ada satu negara yang tercipta dengan tujuan tidak biasa. Supaya masyarakatnya hidup berdampingan dengan beragam satwa.

Australia.

Di kolam renang belakang bisa tetiba ada buaya. Di balik kap mobil melingkar manis induk ular beserta anaknya. Dan bahkan ada semut yang sekali gigit bakal bikin kita alergi akut. Belum lagi laba-laba hitam rumahan yang cubitannya lumayan bikin semaput.

Tapi, janganlah lupa kalau Sang Maha Pencipta itu adil. Australia juga diberkahi keindahan alam yang gokil. Mulai dari pantai, laut hingga pedesaaan dan kebun.Ā Sebut saja Queensland, propinsi beribu kota Brisbane yang tersiram matahari hampir sepanjang tahun. Salah satu kotanya, Gold Coast, terkenal karena menyenangkan dan seru untuk liburan. Nggak percaya? Ini dia 15 hal kenapa kita wajib ke sana!

1. Perut Kenyang Hati Senang

Suka nonton kompetisi masak khusus para koki amatir? Kalo kamu ngikutin edisi Australia, kamu pasti tau kalo negara ini cinta banget sama hasil ladang dan lautannya. Bahkan bunga aja dijadiin bahan masakan! Hidangan segar dengan citarasa khas dari tanah garapan sendiri, bikin Gold Coast jadi tempat asik untuk menikmati sajian klasik ala Negeri Kanguru. Mau sarapan dengan pemandangan ombak bergulung, silakan mampir ke Surf Life Saving Club, cuma 5 menit dari bandara internasional Gold Coast. Mau jalan santai di pinggir pantai? Ada Beachfront Markets di mana kita bisa beli jajanan sekalian ngobrol sama penjualnya, nanya-nanya gimana sih cara bikin santapan seenak itu?

2. Ombak dan Pasir

Biru dan jernihnya air laut yang berkilau udah pasti bikin kita berasa pengen nyemplung. Mumpung lagi di Gold Coast, kenapa nggak sekalian aja belajar selancar di Surfers Paradise? Ketika senja menjelang dan matahari mulai turun, bersepeda sepanjang hamparan pasir pun jadi pilihan bagus. Nikmatnya angin semilir menerpa wajah saat kaki mengayuh pedal.

3. Olahraga Jantung

Merasa muda dan bertenaga? Siap jantung kamu dibawa berpetualang, ngebut dan muter 360 derajat di atas perahu di atas air? Berani coba Paradise Jet Boating? Ini ngeri-ngeri bikin penasaran sih. Bikin adrenalin terpacu dan basah seluruh tubuh. Apalagi perjalanan kita yang selama 55 menit itu bakal direkam, yang nantinya bisa dipindahin ke USB dan dipamerin ke orang-orang di tanah air. Bocah umur 4 tahun udah boleh ikutan juga. Alamak!

4. Memanjat Langit

Buat yang takut ketinggian nampaknya boleh coba SkyPoint Climb yang ada di Gold Coast. Bukankah cara mengalahkan ketakutan adalah dengan menghadapinya? #Sedappp

Mulai di level 77 dari SkyPoint Observation Deck, kita bakal memasuki udara terbuka lengkap dengan setelan dan kait-kait pengaman. Ikuti pemandu, dan dijamin kita berdecak kagum melihat pemandangan yang mempesona. Pantai keemasan, garis batas antara langit dan kota serta suburnya perkebunan hijau.

5. Penuh Keceriaan

Gold Coast punya banyak taman hiburan yang pasti diminati anak-anak. Misalnya di Sea World, mereka bisa ikutan sesi kasih makan lumba-lumba. Di sana juga ada taman air bertema Nickelodeon (Spongebob dan Kura-Kura Ninja!).

Kepengen banget ketemu Tweety atau Batman? Mari melipir ke Warner Bros. Movie World. Atau mau ke taman main terbesar se-Australia? Beli lah tiket Dreamworld. Siap-siap terombang-ambing seharian penuh naik puluhan wahana yang menyenangkan! Semua ada di Gold Coast.

6. Taman Nasional yang Menakjubkan

Springbrook National Park merupakan hutan hujan subtropis dengan kubah batunya yang spektakuler. Ada gua yang cukup besar untuk masuk hampir di bawah kubah batu tersebut. Kalo malam, kubah ini terlihat hidup dengan adanya glow worms, yaitu larva yang tubuhnya bersinar terang. Ciptaan Tuhan yang sayang kalau dilewatkan.

7. Meniti Pepohonan

Berjalan di antara pepohonan? Sudah biasa. Berjalan di atas pepohonan? Itu baru keren! Sensasi ini bisa kita dapetin di Tamborine Rainforest Skywalk. Langkahkan kaki di atas lantai kanopi, sejauh mata memandang semua hijau. Melihat alam dari ketinggian bikin kita tau rasanya jadi burung, jerapah atau… Brontosaurus!

8. Bisa Peluk Koala

Nggak afdol kalo ke Australia tapi nggak ketemu kanguru atau koala. Ya kan? Nah, cucok banget deh pelesirnya di Gold Coast. Kota ini berada di negara bagian yang mengizinkan pengunjung untuk memeluk koala. Kalo wilayah lain biasanya cuma boleh foto tapi dilarang menyentuh. Duh kurang greget! Bayangin aja koala yang tidurnya 23 jam per hari, terlelap dalam pelukan kita. Nggak nahan imutnya. Eh, tapi jangan lupa juga ya untuk menyapa si kanguru dan kasih dia makan. Baru deh liburan kita di Australia sah! Kita bisa bertamu ke Currumbin Wildlife Sanctuary, atraksi turis yang paling dicintai seantero Gold Coast!

9. Melayang di Udara

Rasa-rasanya kesenangan di kota pesisir ini nggak ada habisnya. Nih, saya kenalin satu kegiatan yang bisa dibilang pengalaman sekali seumur hidup. Naik balon udara! Oyeahhh! Dari atas sana, kita bakal liat matahari terbit perlahan, sinarnya jatuh ke perbukitan, pegunungan, hamparan pepohonan, laut biru gemerlapan… Sungguh mengesankan! Setelahnya, kita disuguhi segelas champagne dan gratis mencoba wine.

10. Piknik di Kebun Anggur

O’Reilly’s Vineyards buka tujuh hari dalam seminggu dan para tamu bebas menjelajah lahan dan sungai kecil di sana. Menyesap wine jawara sambil duduk manis di beranda rumah dengan kebun anggur sebagai pekarangannya, kenapa tidak? Atau piknik di bawah keteduhan pohon sambil harap-harap melihat seekor platipus moncong-bebek? Di sini tempatnya.

11. Pulau Pasir Terbesar Ketiga di Dunia

Moreton Island sebenarnya berlokasi di luar Gold Coast (sekitar 4 jam perjalanan naik mobil), tapi boleh lah kita main-main ke sana karena puluhan kegiatan kece bisa kita lakukan seperti ngasih makan burung pelikan, naik motor gede beroda empat menyisiri padang pasir atau berseluncur di bukit pasir (istilah kerennya sand tabogganing)! Woohoo!!

Yang paling bikin mata melotot adalah… nonton paus! Kebayang nggak sih berada deket banget dengan hewan yang gedenya mencapai 16 meter? Yep! Kalo kita kebetulan ada di Moreton Island pada bulan Juni-Oktober, kita berkesempatan melihat migrasi tahunan paus Humpback. Paus-pausin foto deh! Eh! Puas-puasin!

12. BelanjaĀ Juga Bisa

Bukan hanya pecinta alam dan petualangan, Gold Coast juga tempat untuk para gila belanja. Walaupun mall-mall di sini nggak buka sampe lewat jam 9 malam seperti di Jakarta, tapi shopaholics bakal tetep dapet keasikan tersendiri. Ada Robina yang punya lebih dari 350 kios dan restoran. Ada Pacific Fair dengan toko-toko kelas atasnya. Dan khusus penggemar factory outlets, silakan ke Harbour Town yang menjual barang dengan diskon minimal 30% dari harga ritel asli. *kincring dompet*

13. Semarak Festival Tahunan

Sampai di sini, saya yakin kamu udah tergoda banget untuk liburan ke Gold Coast. Ada kabar bagus nih. Kalo kamu berencana datang tanggal 4-20 Maret 2016, kamu bisa mengunjungi Bleach Festival di mana seni dan masyarakat berpadu. Kreatifitas dan kebudayaan unik menjadikan Bleach Festival sebagai wadah berekspresi.

Sedangkan buat kamu yang hobi lari, coba deh datang tanggal 2-3 Juli 2016. Kamu bisa daftar Gold Coast Airport Marathon. Diminati lebih dari 20.000 peserta dari beragam usia, acara ini juga punya lomba untuk penyandang disabilitas yang duduk di atas kursi roda.

14. Gampang Ngatur Liburannya

Oke, sekarang gimana cara bikin rencana perjalanan supaya bisa dapetin semua keseruan di Gold Coast?

Kalo kamu berjiwa backpackers, kamu bisa buka website Queensland: Where Australia Shines. Semua informasi tentang tempat-tempat yang mau didatangi bisa kamu cek di sana. Tapi kalo kamu merasa males dan pengen tinggal terbang dan liburan aja, kamu bisa konsultasi bareng Dwidaya Tour. Kenal dong sama travel agencyĀ yang sudah beroperasi sejak tahun 1960-an ini? Dengan lebih dari 70 cabang tersebar di Indonesia, plus layanan pelanggan 24 jam, Dwidaya Tour punya ratusan paket perjalanan ke hampir seluruh tempat di dunia (mau pesan kamar di dalam igloo alias rumah es juga bisa!). Beberapa kelebihan mereka yang saya suka dan terbukti membantu liburan ke Australia yaitu:

  • Punya pilihan yang sesuai kantong. Mau yang mewah (Premier), hemat (Costsaver) atau lebih hemat (Flexi)? Ada! Paket Premier memanjakan kita dengan naik helikopter dan balon udara, makan malam di Hard Rock Cafe, masuk Opera House dan bermacam kegiatan wah lainnya. Costsaver merupakan best seller summer holiday yang terdiri dari liburan selama 8 hari di Melbourne, Brisbane, Gold Coast dan Sydney. Sedangkan Flexi memudahkan kita berlibur ke Movie World, Dreamworld dan wilayah pedesaan dengan biaya mulai dari lima jutaan. Punya kemauan sendiri? Siap diakomodasi!
  • Bikin visa Australia susah? Serahkan semua ke Dwidaya Tour. SebagaiĀ travel agencyĀ kesukaan Kedutaan Australia, visa kita jadi diproses lebih cepat.
  • Yang paling baru, Dwidaya Tour menyediakan kartu iVenture. Hanya dengan sekali beli, kartu ini bisa kita pakai untuk masuk ke beberapa atraksi wisata Australia. Hemat sampai dengan 50% dan juga kasih kita prioritas bebas antri.
  • Nggak cuma urusan dokumen dan rencana perjalanan, kalo kita pengen ke Great Reef Barrier yang termasuk dalam 8 keajaiban dunia, Dwidaya Tour bisa lho menyediakan peralatanĀ snorkeling atau diving. Siapa yang nggak mau ke satu-satunya kumpulan terumbu karang terbesar yang terlihat dari luar angkasa ini?

Bersama Dwidaya Tour, semua bisa diatur.

15. Banyak Pesawat Menuju Australia

Ayo, tadi siapa yang pengen urus liburan ke Australia tanpa bantuan agensi? Boleh boleh. Apalagi penerbangan menuju negara beribu kota Canberra ini banyak tersedia dari Bali.

Virgin Australia merupakan maskapai dengan jadwal terbanyak menuju Australia dari Pulau Dewata. Tiket ekonomi pun mendapat pelayanan yang superior. Hot meals, pilihan cemilan dan minuman siap tersaji. Nggak salah kalo mereka dianugerahi Best Airline Staff Service in Australia/Pacific 2015.

Ngomong-ngomong, Terong Gemuk kok bisa tau banyak, padahal belum pernah ke sana? Hoho… Ini semua karena kebaikan Female Daily Network yang sudah mengundang saya dan beberapa bloggersĀ untuk rumpi pagi pekan lalu. (Kamu bisa cek di Twitter lho. Cari hashtags #DwidayaVisitQueensland dan #DwidayaXFD untuk liat jalannya acara. Jangan lupa sekalian follow @PsychoFat (saya!) jadi kita bisa mentionmention-an.)

Lewat event bertajuk “Let the adventures begin in Queensland” kami semua dibikin tercengang oleh kecantikan propinsi terbesar kedua di Australia. Cairns (yang ada Great Reef Barrier itu), Brisbane (ibu kotanya) dan terutama… Gold Coast. Bikin saya mikir, tahun depan irit-irit ah, nabung aja buat ke sana. Haha!

Jadi, tunggu apa lagi? Segera susun semua hal yang kamu perlu untuk liburan ke Gold Coast, Australia dan dapatkan pengalaman yang nggak terlupakan.

Advertisements

6 thoughts on “15 Hal Kenapa Saya dan Kamu Wajib ke Gold Coast, Australia

  1. aduuh, aku jg jd kepingin bgt deh ke Gold Coast. pingin pelukan sama koala, naik hot air baloon, makan seafood segeer, main air. banyaak aja yg dipinginin. haha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s