Jangan Mimpi ke Luar Negeri!

Standard

1. Apakah gaji kamu seadanya? A. YA (lanjut pertanyaan nomor 2) || B. TIDAK (stop sampai di sini)

2. Mau tau cara liburan ke luar negeri dengan dana hemat? A. YA (lanjut pertanyaan nomor 3) || B. TIDAK (stop sampai di sini)

3. Pengen segera mendatangi tempat wisata impian di luar negeri dalam waktu 6 bulan? A. YA (lanjut pertanyaan nomor 4) || B. TIDAK (stop sampai di sini)

4. Apakah kamu punya niat dan stok sabar yang tinggi? A. YA (lanjut baca) || B. TIDAK (stop sampai di sini)

Hey! Nggak lama lagi kamu akan tahu rahasia sederhana supaya berhasil jalan-jalan ke luar negeri. Simak 4 langkah liburan hemat ala Terong Gemuk!

#1 Mulai dari yang dekat. Oke, saya ngerti impian banyak orang pasti pengen ke Korea, Jepang, Eropa, Amerika, Australia bahkan Afrika. Tapi kalo kamu adalah pegawai kantoran berkantong seadanya seperti saya, kita harus mulai dari hal-hal kecil dulu. Memakai filosofi anak kecil, main yang dekat dulu, baru yang jauh. Saya menyarankan Singapura sebagai tujuan wisata untuk pelancong pemula. Apa pasal? Negara ini memang tidak punya keindahan alam seperti Indonesia, tapi tata tertib, kebersihan dan kemajuan teknologinya akan bikin kita kagum. Dan setelah sukses jalan-jalan ke luar negeri untuk pertama kali, dijamin akan nagih dan bikin kita pengen jalan-jalan lagi ke negara lain.

aircraft-479772_960_720

#2 Daftar menjadi anggota di website penerbangan. Ini penting. Dengan menjadi anggota, kita akan tahu lebih dulu promo yang akan datang, dan biasanya mendapat prioritas untuk pesan. Saya selama ini terdaftar jadi anggota AirAsia BIG. Cuma isi data aja kok. Gratis!

14419f8b47062dc4715e2b0c437e8643

#3 Rajin cek harga. Meskipun kita lagi bokek, jangan biarkan kantong kempes jadi kendala. Pakai sedikit waktu untuk secara acak mencari harga tiket baik pada saat ada promo maupun nggak ada. Ini bakal bikin kita tau perkiraan uang yang akan kita keluarkan untuk beli tiket. Contoh, selama ini saya melihat Rp. 500,000 (setelah pajak bandara dan sebagainya) adalah harga termurah pergi-pulang Jakarta-Singapura dengan AirAsia. Maka, saya pun meniatkan diri untuk punya simpanan sebesar itu di tabungan. Jadi ketika promo tersebut datang lagi, saya siap membeli.

piggy-bank-970340_960_720

#4 Jadilah manusia yang penyabar. Tiket promo biasanya tersedia untuk penerbangan di 6 bulan ke depan. Lama? Justru enak! Cucok banget buat kita yang gaji seadanya. Sisa 6 bulan tersebut bisa kita pakai untuk mempersiapkan rencana perjalanan dan dana. Begini tahapannya:

  • Bulan 1: Tiket udah di tangan, bikin kita makin semangat. Begitu gajian, sisihkan langsung untuk bikin passport ya (bagi yang belum punya). Dan mulai cari info tentang tempat yang mau dikunjungi, perkiraan ongkos dan uang makan. APA? MALES BIKIN ITINERARY? Nggak tau mesti ke mana? Ya udah, mending kamu ke www.asistenliburan.com deh. Biar dibantu lengkap jadwal ke sana ke sini beserta budget yang diperlukan.
  • Bulan 2, 3, 4, 5, 6: Udah dapet angka pengeluaran liburan kan? Nah, bagi 5 bulan. Itulah jumlah yang kita wajib tabung tiap bulan sampai penerbangan kita tiba. Kencangkan niat, jangan tergoda memakai simpanan untuk hal lain.
  • Bulan 5, 6: Ajukan cuti ke kantor, lalu mulai pesan penginapan atau tiket-tiket atraksi secara online karena biasanya lebih murah. Untuk yang mau ke Thailand, ada website http://www.hotels2thailand.com/ yang harga tiketnya di bawah harga asli. Saya udah sering pake. Aman dan terbukti.
  • Bulan 6: Rapikan semua dokumen yang diperlukan seperti passport dan print bukti pemesanan tiket dalam satu folder, dan tukarkan Rupiah ke mata uang negara tujuan.

mexican-pesos-916208_960_720

Tuh, cuma gitu aja kok cara liburan hemat ala Terong Gemuk. Ke luar negeri sudah bukan sekedar mimpi. Happy traveling!

Advertisements

14 thoughts on “Jangan Mimpi ke Luar Negeri!

  1. Trilinawati

    Mitaaaa….bagus banget karena enak dibaca en sangat menginspirasi….ga bosen baca tulisan-tulisan Mita pokoknya…
    Keep writing ya…

  2. Hihi mamaku juga pertama jalan2 keluar negeri waktu aku ajak tahun lalu ke Sg, kebetulan dpt tiket murah 1.2 pp berdua lho! Sering2 cek airasia, klo hoki bisa dapet free seats!

    • Ihh samaaa. Aku juga ngajak Mama pertama kali ke Singapura. Yang free seats pun tetep nggak Rp. 0 sih, karena kan pajak bandara masih ditanggung. Tapi ya murah banget kalo ke Bali cuma Rp. 200,000 PP. Hehehe…

  3. Bner bgt nih tipsnya. Akupun msh ngelakuin yg sama. Jd prinsipku 11 bulan nabung utk dihabisin dlm 3 minggu liburan 😀 puasss bgt stlh ITU. Buatku traveling udh kyk kebutuhan primer mbak. Bisa stress Gila kalo dlm setaun GA liburan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s