Berbusana Muslim Trendi dengan Bergo

Standard

Ketika dulu memutuskan berhijab, ada satu hal yang agak menghantui pikiran saya.

Badan gue gede gini, pake baju tertutup seluruh badan apa nggak keliatan makin melar ya? Ntar nggak kece lagi dong?

Maklum, pekerjaan mengharuskan saya bertemu banyak orang. Mau tidak mau berpenampilan menarik jadi prioritas dalam keseharian saya. Ditambah lagi terngiang pesan Nenek…

Kalo kemana-mana baju jangan asal. Harus rapi. Badan wajib wangi. Kamu nggak tau siapa yang akan kamu temui di jalan. Gendut juga harus tetap enak dilihat.

Luar biasa memang wejangan beliau. Bener sih… Kalo suatu saat nasib mempertemukan saya dengan Justin Bieber, saya harus dalam kondisi harum dan cantik dong ah. Tapi… Gimana caranya berhijab yang sesuai kaidah tapi juga trendi? Duh! Sempat galau banget tuh. Urusan baju belum beres, ditambah pula tutorial kerudung yang keliatannya doang gampang, pas dieksekusi sih teteup keringetan dan makan waktu.

Sebelum putus asa, seperti biasa, di dunia yang serba online ini ngulik mesin pencari Google pun jadi persinggahan pertama saya untuk liat-liat baju Muslim modern. Beberapa toko busana Muslim di Instagram dan Facebook juga sempat saya intip. Misi saya satu: Contek gaya yang mudah dan terlihat asik meski kepala nggak berhiaskan kerudung diuntel-untel. Pokoknya saya mau yang tinggal srat-sret-srat-sret. Eh tak disangka tak dinyana, setelah menelusuri beberapa referensi sampai mata lelah kebanyakan terpapar sinar komputer, ternyata bisa banget lho berpakaian tertutup namun tetap ciamik dengan kerudung instan alias bergo. Cukup ikuti tiga trik ini:

1. Pilih bergo polos berwarna netral biar mudah masuk dengan warna baju lain. Bergo yang dipilih juga jangan terlalu banyak rumbai atau kerut ya. Kenapa? Yuk lanjut poin kedua.

2. Seperti yang saya bilang, saya nggak mau ribet ngurusin kerudung. Lipat sana, tusuk pentul di sini, gulung sana, ikat sini… Mak, ribet! Maka sederhanakan bergo, dan mewahkan di bawah. Blouse motif bunga-bunga manis akan mengalihkan perhatian orang dari kerudung instan kita.

3. Beli beberapa jenis pakaian yang bisa dipadu padan dengan kaos atau dress lengan buntung yang kita punya saat belum berhijab, misalnya jaket atau kardigan. Hindari jeans atau leggings ketat karena kata Pak Ustad pakailah yang menutupi, bukan yang membalut. *ini saya juga masih belajar sih*

Akhirnya, demi menaati hal-hal di atas, saya pun mulai mendata apa-apa yang diperlukan. Membuang hampir semua isi lemari dan mengganti dengan yang baru lumayan bikin kantong tipis. Tapi alhamdulillah niat tinggi dalam hati untuk menjalankan perintah agama tetap menggebu. #ciye

Nah, sekarang… Ini maaf lho ya bukan saya narsis, cuma katanya kalo nggak ada gambar dibilang hoax, maka izinkan saya mempersembahkan dua gaya berhijab andalan saya. Waktu dan tempat saya persilakan. Jangan lama-lama nanti terkesima.

_DSC3448 xxxx

Bergo ukuran sedang -yang penting menutupi dada, dress tanpa lengan, jaket jeans, leggings yang sedikit longgar, dan sepatu santai. Saya memilih bergo merah dan sepatu warna-warni supaya lebih menceriakan warna pakaian yang gelap.

Biasanya kalo cuaca lagi dingin melulu, atau nemenin suami nonton konser musik, saya paling sering tampil dengan gaya di atas. Bisa juga jadi busana kerja kalo kantor kamu nggak mewajibkan seragam atau pakaian formal. (Toko: Facebook MY SIZE – Ukuran Besar dan Instagram @mysizestore)

_DSC8311 edit

Bergo, kardigan dan jeans dibikin warna biru senada -jadi tetap klop walau blouse tanpa lengannya berwarna oranye, dan flat shoes hitam.

Kardigan panjang beraksen lipit-lipit bikin penampilan makin manis meski pakaiannya tidak bermotif. Bahannya juga ringan jadi nggak bikin gerah. Cuma satu saran saya, kalo naik ojek jangan lupa diangkat tinggi-tinggi. Kan ngeri kalo masuk jari-jari motor. (Toko: Facebook X to X Plus Size Clothing dan Instagram @xtoxplus)

Insert blog BliBli

Bergo dan gamis dengan hiasan renda. Sendal wedges supaya lebih terlihat anggun.

Cocok banget buat acara seperti pengajian, Hari Raya atau kondangan. Bukan cuma bergo yang mudah dikenakan, gamisnya pun tinggal sret! Boleh ditambah kalung untuk sedikit meramaikan penampilan. (Toko: Facebook Ca Manilla Bazaar dan Instagram @camanilla.bazaar)

Jadi… Gimana? Gimana? Ternyata berbusana Muslim rapi dan menarik nggak harus berkerudung lapis yang dipakai dengan penuh kerepotan ya. Bergo pun cocok untuk situasi formal. Cukup satu kunci: Kalo penutup kepala kita sederhana, maka ramaikan dan mewahkan penutup badannya. Rajin-rajin cari referensi, busana Muslim terbaru gampang banget diakses lewat ujung jari. Tinggal klik sana, klik sini; berjejer banyak pilihan yang cantik dipadu padan dengan bergo. Berhijab itu… nggak ribet!

Advertisements

8 thoughts on “Berbusana Muslim Trendi dengan Bergo

  1. wyuliandari

    Halo Mba, salam kenal. Aku menemukan link ini di fun blogging. Sepertinya ini pertama kali aku ke sini 🙂

    Bergo emang andalan banget ya, buat yang pengen praktis. Dulu aku doyan banget pake bergo, sekarang tergoda model hijab yang lain.. he..he..tapi teuteeep bergo mesti punya 🙂

  2. putri

    Count me in ke #timbergo hahahaha, walaupun kata senior kampus kayak mau ke pasar. 😂

    Tapi akhir2 ini sering juga aku pake pashmina instan Mbaa. Tinggal masuk jugaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s