Basic Public Speaking by Indra Bekti

Standard

Kamu pernah masuk TV? Saya sering. Entah kenapa kalo datang ke acara yang diliput media, kamera senang betul menyorot saya. Mungkin karena saya besar dan rusuh bersemangat ya? Haha… Namun ada satu kesempatan yang begitu membekas di hati. Saat itu saya secara khusus diundang ke studio Trans 7 dan diminta jadi narasumber segmen jalan-jalan On The Spot. Memang sih judulnya agak kontroversial: Liburan Orang Kaya versus Kaum Pinggiran, dan saya di situ jadi “orang kaya” yang heboh bercerita tentang negara-negara yang pernah saya kunjungi, plus nangis-nangis karena sedih mendengar “kaum pinggiran” cuma pengen liburan ke Ragunan, Taman Mini dan bahkan mall. Ya Allah, saya trenyuh!

1915205_10205196567025287_6034207139688280005_n

Abaikan posisi duduk saya yang kurang ayu.

Singkatnya, pengalaman itu bikin saya kepengen jadi pembawa acara program wisata. Selepas Kelas Penyiar Indonesia saya bahkan sempat ikutan casting, kebetulan Kompas TV sedang cari orang untuk acara jalan-jalan di akhir pekan. Saya nggak lolos, nggak ada kabar soalnya. Tapi yang penting data dan foto saya udah masuk ke agency, siapa tau suatu saat mereka butuh profil seperti saya, ya kan? *iyain aja*

Maka, makin semangatlah saya mengasah kemampuan cas-cis-cus di depan umum. Bosan karena kelas penyiar usai, saya rajin mencari info kelas serupa. Beberapa ada yang mahal banget, beberapa ada yang tidak sempat saya datangi padahal sudah terpilih untuk ikutan gratis… Sampai akhirnya temen saya mengabarkan kalo Twitter @indrabektiasli membuka kelas public speaking! Kenal Indra Bekti dong? Kiprahnya kita lihat lewat acara Tralala Trilili, Ceriwis Yo Wis dan acara beragam lainnya. (Bahkan di tahun 90-an Kak Indra rupanya jadi salah satu pengisi suara serial kartun Candy Candy.) Berhubung saya jadi peserta di kelas pertama yang Kak Indra adakan, saya mendapat potongan harga yang miring banget. Dengan semangat saya datang ke Blok A untuk sesi belajar dengan 4 teman baru: Herman, Ramazan, Radit dan Zahoor.

IMG-20160529-WA0000

Materi yang dibawakan mencakup sikap tubuh, intonasi, pengucapan dan naskah. Kita juga bebas tukar pendapat tentang tips-tips bekerja di dunia hiburan. Sesekali dua anak Kak Indra menyusup ke kelas kami. Iya, kami belajarnya udah kayak sesi meet and greet. Santai penuh canda tawa. Selain sertifikat yang dibagikan di akhir kelas, buku berjudul 1 Dunia 15 Cinta menjadi cinderamata. Isinya tentang perjalanan karir Indra Bekti dan juga 23 rahasia menjadi pembawa acara yang interaktif.

“Ketika berdoa sama Tuhan, sampaikan impian kamu secara jelas.” Begitulah pesan Kak Indra yang membekas di benak saya. Berusaha memang penting, namun jangan lupa “main mata” dengan Sang Pencipta. Siap Kak! Sampai jumpa lagi di kelas-kelas selanjutnya.

Advertisements

7 thoughts on “Basic Public Speaking by Indra Bekti

  1. Salam kenal mba 🙂 aku juga pingin dulu jadi pembawa acara jalan2 karena jalan2 gratisnya hahaha atau acara makan biar makannya juga di bayarin hihi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s