Tips Hemat Ala #TerongGemuk

Standard

Kalo abis liburan, di balik kebahagiaan yang tersisa, ada juga perasaan sedih melihat saldo di rekening lumayan banyak berkurang. Tapi sih, bukan untuk diratapi atau disesali. Mending nabung lagi untuk jalan-jalan selanjutnya.

Ada peribahasa “Hemat pangkal kaya”. Itu betul. Dipadankan dengan “Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit” bakal bikin kita punya sisa uang jajan tiap bulan. Begini nih cara mudahnya.

1. Bawa bekal dari rumah. Percaya nggak percaya, seringkali uang gaji habis karena hobi minum kopi di kafe dan makan di restoran. Solusinya, beli deh kopi sachet yang enak dan bawa bekal dari rumah tiap hari. Minimal tiap hari kita bisa mengurangi jajan sebesar Rp. 20,000 bahkan sampai Rp. 100,000 lho.

lunch-box-749367_960_720

2. Transfer ke bank yang sama. Sebagai orang yang suka belanja online, maka saya pun tak jarang membayar produk lewat ATM atau e-banking. Sebisa mungkin saya minta nomer rekening yang sama dengan rekening saya. Lumayan banget tuh biaya admin kan di atas Rp. 6,000 sekali transaksi.

atm-959529_960_720

3. Beli pulsa di tempat yang tepat. Udah pada tau belum kalo beli pulsa lewat ATM atau e-banking dikenai biaya admin Rp. 1,500? Yah… Apalah arti uang segitu, pikir sebagian orang. Eits yang kayak gini nih menodai peribahasa “Sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit”. Saya suka beli pulsa di toko dunia maya. Berbagai pilihan pulsa online di Tokopedia contohnya, bebas biaya admin.

slider-154173_960_720

4. Bawa botol minum sendiri. Ini jelas ya, selain membantu lingkungan bebas dari limbah plastik, juga pastinya lebih irit. Tinggal isi ulang di kantor, biarkan perusahaan yang bayar.

water-19659_960_720

5. Beli baju berkualitas bagus meski mahal. Banyak jilbab instan dijual dengan harga sangat miring. Tapi biasanya 6 bulan pakai warna mulai pudar, bahannya mulai beruntusan dan melar. Duh, nggak kece banget dipake. Saya pun lebih rela keluar kocek lebih mahal untuk sepotong jilbab instan, namun masih awet hingga bertahun-tahun.

clothes-peg-550875_960_720

6. Naik kendaraan umum. Kadang suka males ya, naik tangga ke halte TransJakarta. Mikirnya “Ah, cuma bayar Rp. 12,000 mending naik ojek online deh.” Kita nggak sadar, pada saat tiba di tujuan kalo nggak ada uang pas, biasanya kita merelakan Rp. 15,000 tanpa kembalian. Padahal kalo naik TransJakarta, cuma Rp. 3,500!

bus-1263266_960_720

7. Ikut grup BBM supermarket supaya nggak ketinggalan info diskon kebutuhan sehari-hari. Lumayan banget lho potongannya. Sekalian beli banyak untuk stok bulan-bulan mendatang dan jangan lupa cek tanggal kadaluwarsa.

shopping-1232944_960_720

Segitu aja dulu tips hemat ala #TerongGemuk. Inget lho, ini hemat, bukan pelit. Haha!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s