Tamagotchi

Standard

Saya punya Tamagotchi dong!!

“Ya ampun Mit, masa kecilmu kurang bahagia ya?”

Oh my God, I had it when I was in Junior High School!”

“Itu kan mainan jaman dulu banget!”

Waktu pertama kali saya bawa Tamagotchi ke kantor, rata-rata penduduk di tempat les Bahasa Inggris termahal se-Indonesia itu pada kasih komentar yang intinya: Saya mainin mainan jadul. Mulai dari Hartanto, Vivi, Lala… (Beh, pada seneng dah namanya saya sebut.) Padahal sebenernya, siapa nih yang kagak up-to-date? Tamagotchi yang saya punya versi modern, bukan yang kayak tahun 1997-an itu.

Kira-kira begini penampakan Tamagotchi jaman dulu

Saya masih inget, waktu saya kelas 1 SMP mainan itu sempat heboh. Popularitas Tetris yang bisa ngatain “Bego lo!” kalo kita salah naruh balok, terkalahkan oleh benda mungil yang bikin kita seolah-olah punya binatang peliharaan (kesininya bukan cuma binatang, ada juga versi membesarkan bayi manusia). Bokap waktu itu masih ada di Amerika, jadi keinginan saya punya Tamagotchi dengan mudah diluluskan. Harganya Rp. 23,000. Jaman dulu harga segitu lumayan mahal, secara jajan harian saya aja cuma Rp. 1,500. Tamagotchi saya warna putih, yang bagian belakangnya saya namain LIAN dengan spidol item.

Eh, eh, sedikit selingan. Tetangga saya kakak beradik bernama RistaYaser, satu waktu berniat beli Tamagotchi saya.

“Mau dibeli berapa?” tanya saya.

“Lima ribu,” jawab si kakak seraya menunjukkan selembaran uang bernuansa coklat.

Hmmm… Biarpun masih kecil, saya udah ngerti untung rugi. Tapi saya nggak tega bilang, “Ihhh! Kemurahan! Belinya aja 23,000!” Alhasil, yang terucap dari saya pun, “Jangan ah, sayang. Soalnya ini Papa kita yang beliin.” Wajah saya buat seakan merenung dan bengong ke arah matahari terbenam. Karena terlihat seperti begitu merindukan bokap, mereka pun paham kalo Tamagotchi saya begitu berharga dan berhenti melakukan penawaran.

Saya seneng banget bisa punya binatang piaraan virtual. Saya bawa ke sekolah ngumpet-ngumpet biar sempat ngasih makan. Kalo nggak, bisa-bisa binatang saya mati busung lapar. Kalo nggak salah piaraan saya dulu dinosaurus. Jaman itu, bawa Tamagotchi ibarat telepon genggam. Tamagotchi nggak boleh dibawa ke sekolah. Temen sebangku saya, Riza, punya Tamagotchi warna ijo, trus dia taruh di kolong meja. Di tengah pelajaran, Tamagotchi-nya boker dan ada bunyi tulilut tulilut. Tampang si Riza dibikin pura-pura lugu, padahal mah hati dia kebat-kebit takut kena sita.

Tamagotchi masa lampau kemampuannya juga terbatas. Cuma bisa merengek manja minta makan minum, dimandiin… Perasaan segitu aja sih yang saya inget. Udah gitu, dalam waktu beberapa hari, mau sebagus apapun saya ngerawat dia, tetep bakalan mati dan saya harus ulangin siklus merawatnya.

Nah, kenapa di awal-awal saya bangga banget ngomong, “Saya punya Tamagotchi dong!!”? Soalnya Tamagotchi modern masa kini beda banget sama Tamagotchi jaman saya alay dulu. Yang saya punya versi musik. Di situ saya kudu merawat seekor makhluk untuk bisa jadi pemusik terkenal. Kenapa saya bilang makhluk? Karena saya nggak pernah tau Tamagotchi saya itu berbentuk apa. Sampe sekarang saya udah mainin 5 generasi, dan saya nggak yakin nama dari wujud mereka. Ada separuh panda separuh kelinci, separuh ninja separuh hiu, separuh cumi separuh hantu, separuh anjing separuh beruang, dan yang terbaru masih bayi. Wujudnya beda dengan bayi-bayi sebelumnya yang kayak amuba, kali ini normal kayak anak ayam.

Ini dia punya saya…

Hal keren lainnya, semua jenis makanan dari segala penjuru dunia ada. Sushi, pasta, yogurt, es krim sundae, sereal, jagung, donat, hotdog… Piaraan saya juga bisa main musik, main boneka, baca buku, belajar, main perosotan, dandan, beli toko mainan, beli butik, beli mobil, berkelana dengan UFO, pake jeans, kacamata item, rok, latihan band, manggung di konser, dapet uang, nikah, punya anak… Beda jauh lah sama Tamagotchi saya yang sempat ditawar Rp. 5,000 itu.

Sampe sekarang saya belom bosen-bosen, batere udah 2 kali ganti. Niatnya saya mau beli yang versi selebriti, karena sepertinya… Lebih saya banget gitu!!

Advertisements

8 thoughts on “Tamagotchi

  1. Yandi Coolz

    Mwahahaha…Tamagochi pertama gw dulu beli di Ramanda. sebelum jadi bengkel…piaraan gw kucing…kmana2 gw bawa. kesekolah, dirumah, makan, tidur, beol, selalu gw bawa2…
    btw, taun brapa jajan lu Rp. 1.500 bu? gw ja waktu sd udah 3.000 dagh…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s