Makan Sukiyaki Ala Terong Gemuk

Standard

Hidangan asal Negeri Sakura banyak dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Mulai dari yang cuma ala ala Jepang sampe yang beneran Jepang. Selain Sushi, saya juga suka makan Sukiyaki. Restoran Sukiyaki kesukaan saya ada di Lantai Dasar Pondok Indah Mall 2. Namanya Opa Suki. Restorannya luas dengan meja-meja yang besar, bikin acara makan jadi lebih nyaman. Untuk makan berdua menghabiskan sekitar Rp. 200,000-an. Boleh deh sesekali abis gajian makan di Opa Suki.

Saya ingat, pertama kali diajak ke sini saya norak banget. Gak tau harus gimana. Maklum biasanya cuma makan di pinggir jalan. Jadi supaya kalian juga gak malu-maluin kayak saya, kali ini saya mau berbagi cara makan Sukiyaki ala saya.

Pertama, setelah dapet tempat duduk, langkahkan kaki kamu ke arah mesin pendingin. Di situ ada banyak beragam isian. Biasanya saya pilih bola daging, bola salmon, tahu ayam jamur dan pangsit. Wadahnya terdiri dari beberapa warna seperti biru, oranye dan merah.

Kedua, bawa isian yang sudah kamu pilih ke meja. Pelayan Opa Suki akan nanya jenis kuah yang kita mau, ada kaldu ayam dan Tom Yam. Saran saya pesan dua-duanya aja karena pancinya sendiri nanti ada 2 wadah kuah.

Ketiga, pesan minum teh tawar panas atau dingin. Kenapa? Bisa isi ulang yang artinya lebih irit. Jangan lupa pesan nasi ya.

Keempat, setelah kuah mulai mendidih, masukkan beragam isian yang kamu pesan. Tunggu sampai menggolak-golak. Sementara itu kamu bisa campur bawang goreng dan bawang putih ke dalam mangkok. Kalo doyan pedes boleh ditambah cabe iris. Ingat, nunggu Sukiyaki siap disantap harus sabar. Ajaklah ngobrol orang yang makan bareng kamu, jangan sibuk dengan gadgets.

image

Kelima, begitu kuah dirasa telah lama menggolak, angkatlah isian satu per satu dan taruh di atas piring terpisah. Tambahkan kuah ke dalam mangkok. Untuk pertama, coba kuah Tom Yam dulu ya. Ambil sumpit, ambil satu isian, celupkan ke sambal Suki, masukkan ke mulut, kunyah. Ambil nasi, masukkan ke mulut, kunyah. Taruh sumpit, ambil sendok bebek, sendokkan ke kuah di mangkok, lalu seruputlah. Sedap… Alasan kenapa isian ditempatkan terpisah adalah supaya kehangatan Sukiyaki-nya pas. Jikalau ditempatkan di mangkok kuah, bakal terlalu panas dan bikin kesel ketika dikunyah. Ulangi cara nomer lima sampai isian di wadah Tom Yam habis.

image

Keenam, beralihlah ke wadah kuah kaldu ayam. Kenapa harus dicoba setelah Tom Yam? Karena rasanya yang tidak terlalu tajam bakal menenangkan lidah kita yang tadi asik diserbu rasa Tom Yam. Jangan lupa sesekali minum teh tawar panas atau dingin biar nggak seret.

Ketujuh, teruslah menyantap Sukiyaki Opa Suki sampai habis. Diselingi foto-foto juga boleh. Kan lumayan bisa untuk pamer di Instagram. Kalo udah kelar, minta tagihan ke pegawai Opa Suki yang ramah-ramah. Cukup tunjuk tangan seraya memanggil “Mbak” atau “Mas”. Abis itu bayar deh ke kasir. Perut kenyang, hati senang walau isi dompet berkurang.

Oke! Semoga cara makan Sukiyaki Opa Suki ala saya bisa sedikit mengurangi ke-kagok-an kamu yang mau makan Sukiyaki untuk pertama kali.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s