Mengurus SKCK di Depok Hanya 40 Menit!

Standard

Kantor saya meminta Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) sebagai syarat pembuatan Blue Card; kartu yang menunjukkan bahwa saya pegawai yang terverifikasi. Udah kayak Twitter dan Instagram aja. Kan kalo kita orang terkenal, akunnya bakal dapet tanda centang. Hehe… Setelah sekian lama menunda, saya pun membulatkan tekad untuk mengurus SKCK ini. Cara yang saya lakukan adalah manual, karena beberapa kali masuk ke skck.polri.go.id untuk pembuatan online, gagal terus.

Tahap Pertama

Katanya, kita harus mendapat surat pengantar untuk membuat SKCK dari Kelurahan. Kenapa katanya? Karena ini berdasarkan pengalaman adik yang datang tanpa surat pengantar, lalu disuruh balik lagi. Prosesnya lumayan ribet. Harus ke RT dan RW dulu. Karena saya nggak sempat, saya pun meminta Papa mampir ke rumah Pak RT untuk minta diurusin sampe Kelurahan. Dokumen yang Papa bawa berupa fotokopi KTP, Kartu Keluarga dan Akta Lahir. Urusan surat ini kelar dalam sehari.

UPDATE: Tidak perlu surat pengantar dari Kelurahan kecuali ada data di KTP, Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran yang beda. Misal di Akta Kelahiran tertulis Mita, tapi di KTP tertulis Mitha.

Untuk pembuatan KTP di luar domisili tanpa harus pulang kampung bisa baca tulisan Intanohana di sini.

Tahap Kedua

Persiapkan hal-hal berikut sebelum kita berangkat ke Polres Depok:

  • Surat pengantar dari Kelurahan (jika perlu)
  • Fotokopi KTP (bawa aslinya juga)
  • Fotokopi Kartu Keluarga (tidak perlu yang asli)
  • Fotokopi Akta Kelahiran (tidak perlu yang asli)
  • Pasfoto 4×6 sebanyak 6 lembar (latar merah) –pengalaman saya yang diminta 5 lembar
  • Uang sebesar Rp. 30,000
  • Pulpen bertinta hitam

Tahap Ketiga

Datang ke Polres Depok yang lokasinya di seberang Gedung Walikota. Saya tiba jam 8.15 pagi dan sudah ada beberapa orang mengisi formulir.

image

Ada dua hal yang perlu kita lakukan:

  • Mengisi formulir tentang data diri, suami/istri, saudara kandung, orangtua dan pendidikan. Siap-siap ya tanggal lahir mereka dihafalkan atau dicatat.
  • Cap sidik jari dan mengisi formulir tentang fisik seperti bentuk kepala, gigi, rambut dan sebagainya. Semua ada panduannya, jangan takut salah isi.

Setelah selesai, kembalikan formulir ke loket dan tunggu nama kita dipanggil saat SKCK diterbitkan. Uang Rp. 30,000 yang saya sebut di tahap kedua dipakai untuk biaya administrasi sidik jari Rp. 10,000 (tanpa kwitansi), biaya pembuatan SKCK Rp. 10,000 (ada kwitansi) dan biaya fotokopi serta legalisir SKCK Rp. 10,000 (tanpa kwitansi).

12669758_10207373644771176_218963058_o

Total waktu yang saya habiskan dari mulai mendaftar, proses dan penerbitan SKCK hanya 40 menit saja. Kuncinya satu: datang pagi. Kalo datang kesiangan, bisa-bisa kita disuruh balik lagi besok untuk ambil SKCK-nya.

12788816_10207575424255537_33948949_o

Blue Card saya sudah jadi. Kini saya sah jadi pengajar English First yang terverifikasi.

Advertisements

54 thoughts on “Mengurus SKCK di Depok Hanya 40 Menit!

  1. iya, dulu aku bikin urutannya jg gt mbk, setahun yg lalu aku habis memperbaharui, tinggal bawa skck yg dlu sm duit 10rb. udeh jd baru deh..
    btw selamat yak, sdh jd pengajar english first terverifikasi 🙂

  2. edo

    wajib pke surat pengantar yah mbak?
    kok di foto ga disuruh pke surat pengantar yah?
    denger2 skrg ga perlu pke surat pengantar dari RT RW lurah ya?

    • Di persyaratan gak wajib. Tapi aku bikin karena adik tahun lalu diminta bawa surat pengantar. Temenku perpanjang, tanpa surat. Coba deh dateng tanpa surat. Kalo ditanya, bilang aja kok di kertas gak disebut. Jadi bisa aku update sekalian kalo ternyata gak perlu. Hehe…

  3. iwan

    saya kebetulan warga cimanggis depok & berencana untuk bikin skck untuk keperluan mencari kerja. kalo saya baca beberapa info di internet kalo untuk keperluan mencari kerja mengurus skck cukup di polsek saja.
    nah saya bingung nih bikin skck di polsek cimanggis atau di polres depok?

    • Hai Mas, saya kurang tau ya tentang lokasi pembuatan cukup di Polsek atau Polres. Saya memilih Polres Depok karena memang itu yang paling dekat rumah. Semoga lancar pembuatannya ya Mas.

  4. Tityn

    kalo ktp nya masih dalam proses pembuatan bisa ngga yah? tapi saya ada surat keterangan dari kecamatan sebagai pengganti ktp untuk sementara waktu..

  5. Keisuke

    UPDATE, hari ini saya membuat SKCK di Polres Depok. TIDAK PERLU SURAT KELURAHAN, cukup ktp fotocopy dan asli, KK foto copy, Akte kelahiran fotocopy dan foto 4×6 berjumlah 5 lembar background merah.

    Durasi hanya 1 jam, dengan syarat datang jam 7:45 WIB. Jadi menjadi orang pertama dalam pendaftaran, mengisi formulir secara cepat supaya menjadi org pertama pengambilan sidik jari. Hasilnya, jam 9:00 SKCK sudah jadi. 🙂

  6. alfid

    Mau bertanya, berarti untuk membuat SKCK kita gausah ke RT atau RW sampe kelurahan dlu kan untuk mengurus surat keterangan gitu? dan langsung ke polres depok brarti?

  7. ganangpr

    Hari ini saya membuat SKCK di Polresta Kota Depok. Ternyata tidak perlu melampirkan surat pengantar, cukup fotokopi kartu keluarga, fotokopi akta kelahiran, fotokopi ktp dan foto 4 x 6 latar merah 3 lembar (saya menyerahkan 6 lembar, namun dikembalikan 3).

    Tidak ada perekaman sidik jari, begitu menyerahkan berkas dan formulir ke loket, tunggu sekitar 30-40 menit, SKCK sudah selesai. Biayanya hanya 10.000, tidak kurang dan tidak lebih. Bagi yang mau legalisir cukup tambah 2000 untuk biaya fotokopi. Semoga bermanfaat 🙂

    • Wah pengalamannya berbeda ya Mas. Kalo saya diminta 5 lembar, dan ada biaya sidik jari Rp. 10,000 dan juga legalisir dari petugasnya langsung dibikinin 5, sehingga saya bayar Rp. 10,000. Tapi ternyata masih konsisten kelarnya di bawah satu jam. Terima kasih!

  8. mohammad iqbal malik

    hari ini saya buat skck d polsek cimanggis.
    yg baru/ perpanjang skck cukup bawa:
    -poto copy ktp 1 lmbr
    -poto copy kk 1 lmbr
    -poto copy akte kelahiran 1lmbr
    -pas foto 4×6 , 3 lmbr
    tidak perlu surat pengantar dr kelurahan.
    tidak ad perekaman sidik jari begitu berkas dan formulir d serahkan k loket cukup bayar
    rp 10.000 dan tunggu slm 50 mnit. smoga betmanfaat.

  9. Anto Pradana

    Kak, berarti buat bikin SKCK tidak perlu melampirkan surat pengantar dari kelurahan kaan yaa? Cukup bawa persyaratan yang lain aja kaan? Langsung ke loketnya aja ya? Kalo boleh tau loketnya sebelah mana? Deket tempat yang bikin SIM?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s