Awarding Night XXI Short Film Festival 2016

Standard

XXI Short Film Festival 2016-Invitation Awarding Night

Menerima undangan malam penghargaan festival film pendek 2016 dari Bioskop 21 adalah hal yang tidak saya sia-siakan. Saya memang bukan penggila film, saya menonton hanya sekedar untuk hiburan, tapi berbicara film pendek saya cukup tahu bahwa kualitasnya bisa menyaingi film-film yang tayang secara nasional atau internasional. Berdurasi di bawah 15 menit, sungguh luar biasa karena film-film pendek tersebut mampu menyampaikan suatu cerita dengan elok.

Jpeg

Ada dua judul yang membuat saya terkesan malam itu. “Sandekala” dan “Bibi Siti Switi”. Mengapa? Sandekala, sebagai pemenang kategori Film Pendek Favorit Penonton, mengusung tema serem. Cuma tujuh menit, tapi itu adalah tujuh menit yang menyiksa untuk saya yang nggak kuat film ber-genre horor. Kisahnya? Dalam mitos Jawa, Sandekala bukan hanya berarti senja. Sandekala adalah waktu penanda keluarnya setan pengganggu manusia. *Gile merinding ini ngetiknya* Jangan keluar rumah; salah satu larangan saat Sandekala. Film ini bercerita tentang seorang anak dan ibu yang sedang berjalan pulang menjelang Maghrib, menyusuri gang-gang kecil sepi, tapi… mereka berkali-kali kembali ke pertigaan yang sama…

Bagaimana dengan Bibi Siti Switi? Pemenang kategori Dokumenter Pilihan Juri Utama ini menyorot seorang pembantu rumah tangga bernama Siti yang kehidupan cintanya berliku. Mulai dari punya suami yang menunjukkan kasih sayang dengan menyiksa seperti menimpuk batu dan mengacungkan pisau, sampai menikah dengan lelaki yang ternyata sudah beristri. Dengan ikhlas Bibi Siti memulangkan si suami ke istri, karena buat dia untuk apa memiliki pasangan kalau harus menyakiti orang lain. Dia ogah dijuluki perebut suami orang. Amit-amit! Sungguh bermartabat alias punya harga diri. Dan di malam itu dia ikut berada di jajaran undangan yang hadir, tersipu malu saat kami bertepuk tangan untuknya.

Jpeg

Berikut adalah daftar lengkap pemenang XXI Short Film Festival 2016:

Film Pendek Favorit Penonton: Sandekala

Pilihan Juri Media
Action Thriller Fantasy: Pancasonya
Dokumenter: Kesan Pertama
Animasi: Kapur Ade
Drama Komedi: Nilep

Pilihan Juri Utama
Action Thriller Fantasy: Sugih
Dokumenter: Bibi Siti Switi
Animasi: Kapur Ade
Special Mention Drama Komedi: The Flower and the Bee
Drama Komedi: Semalam Anak Kita Pulang

Advertisements

4 thoughts on “Awarding Night XXI Short Film Festival 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s