Tasty’s Garlic Butter Steak

Standard

Si Bebeb nge-share video dari Tasty, halaman Facebook tentang memasak. Kalo liat video tersebut, rasanya bikin steak itu gampang banget. Dia bilang dia yang mau bikin, eh pas hari H tetep saya yang disuruh. Dan sebagai pribadi yang menyukai tantangan *asoy* saya pun langsung coba bikin sesuai dari apa yang saya lihat. Tapi sebelumnya siapin bahan-bahan dulu dong.

  • 1 daging steak, saya pake rib-eye, ukurannya sesuai yang sudah dipotong supermarket
  • Garam
  • Lada
  • 4 sendok minyak sayur
  • 2 siung bawang putih, dikeprek
  • 2 sendok makan butter

Setelah semua bahan tersedia, steak siap dimasak. Begini tahap-tahapnya:

  • Lumuri steak dengan garam dan lada. Secukupnya aja biar nggak keasinan.
  • Panggang dalam oven selama 25 menit di suhu 120 derajat Celcius, sisihkan

Jpeg

  • Tuang minyak ke wajan datar, panaskan dalam api besar sampai berasap
  • Goreng satu sisi steak selama 30 detik
  • Balik ke sisi steak yang lain, tambahkan butter dan bawang putih, goyang-goyang wajan supaya butter cepat meleleh
  • Angkat setelah 45 detik berlalu, diamkan selama 10 menit
  • Sajikan

Buat yang nggak punya oven, bisa gunakan wajan datar saja. Goreng tiap sisi selama 30 detik di api besar, bolak-balik 4 kali. Kecilkan api, tambahkan butter dan bawang putih, tetap goreng tiap sisi selama 30 detik, bolak-balik 4 kali. Perhatikan juga ketebalan daging, kalo agak tebal mungkin perlu waktu lebih lama. Langsung potong dan cocol ke saus sambel juga udah enak, tapi kalo pengen pake saus pendamping kamu bisa coba resep ini.

  • 5 butir jamur kancing, iris tipis
  • 1 butir bawang putih, cincang halus
  • Sedikit bawang bombay, cincang halus
  • 2.5 sendok makan kecap manis
  • Setengah gelas air putih
  • 2 jumput kaldu sapi
  • 1 sendok makan terigu
  • 1 sendok makan margarin
  • Lada bubuk, garam, oregano secukupnya

Cara masak:

  • Tumis bawang putih dan bawang bombay dengan margarin sampai harum
  • Masukkan jamur, aduk rata
  • Tambahkan kecap manis,  air putih, kaldu, terigu, garam, lada bubuk dan oregano
  • Masak sampai saus mengental, jangan lupa dicicipi siapa tau ada rasa yang kurang
  • Tempatkan dalam mangkuk kecil

Kurang lengkap? Mau bikin kentang tumbuk? Temen bule saya pernah kasih tau caranya. Coba disiapkan:

  • 1 kentang ukuran sedang
  • 1 sendok butter
  • 2 sendok susu cair
  • Garam
  • Lada

Sekarang, siap dieksekusi!

  • Kupas kentang, potong kecil-kecil, rebus sampai empuk, tiriskan
  • Lumat kentang dengan apapun, saya sih pake centong nasi
  • Tambahkan butter, susu cair, aduk rata
  • Tambahkan garam dan lada, aduk rata
  • Sajikan

Jpeg

Jadi apa kesimpulan dari bikin steak yang kalo dari videonya keliatan gampang? Ya emang gampang sih, tapi tetep keringetan dan dapur lumayan berantakan. Haha!

Advertisements

2 thoughts on “Tasty’s Garlic Butter Steak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s