Glur Central Pratunam: Hostel Murah di Bangkok

Standard

Mencari penginapan di Bangkok bukan perkara sulit. Sebagai kota yang sering didatangi turis, Bangkok menyediakan banyak pilihan mulai dari hotel, hostel, atau asrama. Harga? Tentu terjangkau bagi kantong pelancong irit macem saya. Saya ingat tahun 2013 menginap di hostel di Khaosan Road seharga Rp. 150,000 per malam. Berdua dengan teman, artinya kami cuma perlu patungan Rp. 75,000 saja, kamar mandi di dalam dan dapat sarapan juga.

Tahun ini, saya memesan satu kamar asrama di Glur Central Pratunam Bangkok seharga Rp. 200,000 per malam. Berdua dengan Thea, kami cukup menyisihkan masing-masing Rp. 400,000 untuk menginap selama 4 malam.

Lokasi

Glur Central Pratunam Bangkok terletak dekat dengan BTS Ratchathewi. Setelah turun dari kereta dan menuruni tangga, ambil Exit ke kiri, lalu turun tangga penyebrangan sebelah kanan. Balik arah, dan lurus terus sampai ketemu perempatan. Setelah nyebrang, susuri pertokoan di sebelah kanan sampai terlihat toko serba ada 7-Eleven. Belok deh ke gang pertama setelah 7-Eleven. Kamu akan melihat plang Glur Central Pratunam.

Processed with VSCO with e3 preset

Jalan kaki dari BTS Ratchathewi ke penginapan sekitar 5-10 menit. Karena ada 7-Eleven, memudahkan banget kalo kita perlu beli air minum atau nasi beserta lauk pauk. Menjelang sore banyak jajanan jalanan seperti buah segar dan mango sticky rice.

Processed with VSCO with e3 preset

Kamar Tidur

Saya dan Thea memesan kamar asrama campur (mixed dormitory). Eh, apa nggak risih? Alhamdulillah nggak. Tempat tidur kami tertutup dengan baik, jadi nggak bisa diintip sama tetangga lain. Satu kamar ada 4 kotak yang masing-masing bisa diisi 2 tamu. Untuk badan besar kayak saya dan Thea, saya meminta kotak di bawah biar nggak repot manjat. Ukuran tempat tidurnya mencukupi banget lho untuk menampung dua cewek gemuk. Disediakan loker besar untuk menyimpan koper, tapi tanpa gembok. Kamu bisa pake gembok sendiri atau beli di 7-Eleven. Pintu kamarnya dilengkapi sistem kunci dengan kartu.

Processed with VSCO with e3 preset

Kamar Mandi

Kamar mandi terpisah cowok cewek dan saya nggak nyangka kalo kamar mandi umumnya besar, bersih, dan disediakan pengering rambut juga. Satu botol besar sampo dan satu botol besar sabun cair terpampang rapi di dalam bilik shower luas. Air mengalir lancar, bisa dikontrol panas dan dingin. Handuk juga disediakan gratis oleh pihak hostel.

Sarapan

Satu telur rebus dan satu plastik berisi 4 lembar roti tawar menjadi menu sarapan sehari-hari. Di meja dapur ada mentega, gula, selai, dan kopi untuk melengkapi. Air putih tersedia di botol kaca di dalam kulkas. Tidak ada teh ya. Tapi enaknya, kita bisa nambah roti tawar. Tiap hari saya dan Thea pasti minta ekstra supaya bisa jadi bekal kami jalan-jalan keliling kota. Pernah satu pagi mereka kehabisan roti, saya dan Thea disuguhi nasi putih dan ayam kecap sebagai gantinya. Wahhh… Seneng banget. Mbaknya bilang, “Tenang aja halal, karena di sini banyak yang dateng orang Muslim Indonesia.”

Lain-Lain

Glur Central Pratunam Bangkok berjarak dekat dengan Platinum Fashion Mall, pasar malam Pratunam, dan cukup satu kali naik bis menuju lokasi 3 kuil terkenal Bangkok (Grand Palace, Wat Pho, dan Wat Arun). Hostelnya juga punya tempat santai, serta semacam majalah dinding berisi info acara-acara musiman yang ada di Bangkok, dan peta lokasi-lokasi wisata. Resepsionis ramah dan dengan senang hati membantu kalo saya nanya petunjuk arah.

Buat kamu yang mencari penginapan murah di Bangkok, tapi tetap bersih, aman, dan nyaman, saya merekomendasikan Glur Central Pratunam. Pemesanan bisa dilakukan lewat beragam online travel agency seperti Agoda atau Traveloka.

Advertisements

5 thoughts on “Glur Central Pratunam: Hostel Murah di Bangkok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s