Grand Palace, Wat Pho, Wat Arun: Kuil di Bangkok Yang Wajib Masuk Agenda

Standard

Mengunjungi Bangkok identik dengan mengunjungi kuil-kuil. Dalam bahasa lokal disebut “wat”. Meski tidak semegah Candi Borobudur, kuil-kuil di Bangkok memiliki keunikan dan keindahannya sendiri, serta menjadi salah satu agenda wajib para turis. Pastikan ada satu hari yang bisa kamu pakai untuk mendatangi tiga kuil berikut ini ya!

Grand Palace, Wat Pho, dan Wat Arun terletak saling berdekatan sehingga kamu dapat pindah dari satu kuil ke kuil lain dengan hanya jalan kaki (dan naik perahu). Saran saya, mulai pagi hari dari Grand Palace. Menuju ke sini kamu bisa naik bis dari halte terdekat tempat nginep. Cek Google Maps atau tanya resepsionis hotel untuk nomer bis. Kalo perginya rame-rame berempat, bisa naik taksi dan patungan ongkos.

1. Grand Palace (Buka setiap hari dari jam 08.30 – 15.30. Harga tiket 500 Baht.)

Begitu bis tiba di sekitaran Grand Palace, kamu tinggal cari pintu masuk dengan mengikuti sepanjang dinding putih. Hati-hati, jika ada yang mendatangi dan bilang kalo Grand Palace tutup, lalu menawarkan tur ke kuil lain, jangan diladeni ya. Itu bohong.

Grand Palace ini semacam komplek bangunan yang dulunya tempat tinggal raja. Sekarang juga masih dipake untuk kantor pemerintahan sih, tapi sebagian dibuka untuk umum. Begitu masuk, dijamin kamu bakal terpesona pada dindingnya yang penuh lukisan. Asli keren banget, dan ini bukan sekedar lukisan biasa lho. Sepanjang dinding itu kalo kita ikuti, mengisahkan tentang Ramayana. Warna kuning yang menjadi warna lukisan konon terbuat dari emas!

Processed with VSCO with e3 preset

Processed with VSCO with e3 preset

Di bagian dalam Grand Palace ada Wat Phra Kaew atau kuil Emerald Buddha, yang gemerlap dihiasi potongan kaca warna-warni. Nggak kebayang gimana dulu mereka membangun kuil ini. Potongan kacanya berukuran sangat kecil dan rapat menempel di dinding mulai dari dasar sampai atas.

Processed with VSCO with e3 preset

Selain itu, di bagian luar Grand Palace kamu juga bisa menikmati beragam bangunan lain yang memiliki arsitektur tradisional bercampur Eropa, dan berhubung tiketnya agak mahal, puas-puasin deh di sini.

Processed with VSCO with e3 preset

2. Wat Pho (Buka setiap hari dari jam 08.00 – 18.30. Harga tiket 100 Baht.)

Dari Grand Palace, yuk lanjut ke Wat Pho. Jalan kaki aja, paling lima belas menit. Yang spesial dari Wat Pho adalah sebuah patung Buddha raksasa yang sedang berbaring, dikenal sebagai The Sleeping Buddha. Orang-orang sampe ngantri untuk berfoto di sini.

Processed with VSCO with e3 preset

Processed with VSCO with e3 preset

Kamu juga bisa mencoba peruntungan dengan membeli satu mangkok uang receh, untuk dimasukkan satu per satu ke dalam mangkok kuningan yang berderet sampe pintu keluar. Kalau recehan yang kamu punya habis tepat di mangkok kuningan terakhir, keinginan kamu akan jadi nyata.

Kelar mengagumi patung Buddha tidur, di taman Wat Pho terdapat banyak patung Buddha kecil dan stupa berornamen potongan keramik warna-warni yang cantik! Oh iya, tiket masuk bisa ditukar dengan sebotol air mineral dingin.

Processed with VSCO with e3 preset

Processed with VSCO with e3 preset

3. Wat Arun (Buka setiap hari dari jam 08.00 – 18.00. Harga tiket 50 Baht.)

Puas liat-liat Wat Pho, saatnya ke Wat Arun. Ada dermaga kecil dekat Wat Pho. Dengan membayar 4 Baht kamu akan diantar naik perahu ke lokasi Wat Arun. Buat yang nyari oleh-oleh Thai tea bubuk, kios-kios sebelum dermaga menjualnya dengan harga lebih murah daripada tempat belanja di pusat kota.

Ngomongin Wat Arun, tahun 2012 ketika saya ke sini pertama kali, masih bisa tuh naik sampai bagian atas Wat Arun. Sekarang setelah renovasi, kita cuma boleh naik 1 level aja.

Processed with VSCO with e3 preset

Dinding Wat Arun penuh hiasan ornamen warna-warni membentuk dedaunan dan bunga. Ada patung-patung monyet yang terlihat seakan menjadi penopang kuil. Meski merupakan kuil Buddha, nama Arun itu sendiri berasal dari nama dewa Hindu, Aruna, yang artinya sinar matahari terbit. Di sini kamu bisa berfoto dengan pakaian tradisional Thailand (lokasinya sebelum masuk ke arena Wat Arun).

Yuk kita main ke kuil-kuil di Bangkok!

Tips: Kenakan pakaian yang menyerap keringat karena cuaca di Bangkok biasanya panas banget. Kamu akan banyak jalan jadi pakailah sepatu atau sendal yang nyaman. Coba nikmati tiap lokasi dalam dua putaran: putaran pertama tanpa foto-foto, jadi kamu bisa bener-bener membaca info yang ada dan mengagumi kuil-kuilnya, yang kedua baru deh keliling ulang sambil foto-foto.

Advertisements

6 thoughts on “Grand Palace, Wat Pho, Wat Arun: Kuil di Bangkok Yang Wajib Masuk Agenda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s