[Catatan Relawan Piala Dunia] Bekerja di Dalam Stadion

Standard

Privet!

Eh, saya pernah cerita nggak sih kalo kerja jadi relawan di bagian Ticketing itu nggak pernah ngebosenin karena kerjaannya selalu beda? Jadi secara garis besar kerjaan Ticketing itu dibagi ke beberapa posisi. Ada yang di kantor untuk urusan beli atau cetak tiket, ada yang di kantor untuk urusan tiket-tiket yang bermasalah, ada yang di luar stadion untuk bantu ketika ada tiket yang nggak bisa dipindai atau hilang, sekaligus ngasih tau pintu mana yang dimasuki penonton, dan ada yang di dalem stadion untuk ngitung dan ngecek kursi, bantu penonton nyari nomor tempat duduk, toilet, atau tempat jajan. Keliatan sepele, tapi tetep semua itu harus dilakuin sepenuh hati karena faktanya capek meski menyenangkan.

Di minggu ketiga di Rusia (gileee nggak berasa!) akhirnya saya dapet juga kesempatan kerja di dalam stadion. Saya bener-bener menantikan ini banget karena simply I just love being inside the stadium bowl! Ada perasaan mendebarkan yang aneh ketika berada di sana. Pekerjaan pertama saya di stadion sepanjang Piala Dunia 2018 di Kazan adalah… ngitung dan ngecek kursi penonton, dua hari sebelum pertandingan Korea Selatan melawan Jerman. Bayangin ya, Kazan Arena punya 40,000 lebih kursi dan hari itu dicek sama sepuluh relawan. Mana cuaca lagi 45 derajat Celsius. Tapi peluh nggak berasa karena saya memang sebegitu bahagianya bisa ambil bagian dalam kejuaraan sepakbola terakbar ini.

Processed with VSCO with e3 preset

Processed with VSCO with e3 preset

Di pertandingan Korea Selatan melawan Jerman, kembali saya dapat bagian kerja di dalam stadion. Interaksi dengan penontonnya kuat, vibe-nya luar biasa, dan beberapa kali saya sempat netesin airmata merasa emosional karena biar bagaimana pun ini adalah hal yang saya bayangkan 20 tahun lalu dan sekarang jadi nyata. Oke, tentu saja 20 tahun lalu saya nggak membayangkan untuk jadi relawan Piala Dunia, tapi kalian ngerti lah maksud saya. Pokoknya pengen jadi bagian dari Piala Dunia dah!

Processed with VSCO with e3 preset

Processed with VSCO with e3 preset

Oiya menjawab beberapa komentar di direct message Instagram, jadi relawan enak dong bisa nonton bola langsung, gratis pula; hmmm… nggak 100 persen bener ya. Karena kami datang ke sini untuk kerja, maka sebenarnya kami nggak boleh memandang ke arah lapangan saat pertandingan berjalan. Cuma bisa ngintip-ngintip doang sesekali. Atau kalo udah lewat 20 menit dari awal babak, biasanya pimpinan tim kasih kode untuk ke tempat tersembunyi untuk nonton. Namun memang ada beberapa fungsi kerja (biasanya yang kerja di bandara atau kantor akreditasi), mereka jadi pemegang bendera di pembukaan pertandingan atau dihadiahi tiket nonton gratis, karena kerjaan mereka nggak berhubungan dengan stadion secara langsung.

Nantikan cerita saya selanjutnya ya! Dan cek hestek #CatatanRelawanPialaDunia di Instagram untuk melihat foto-foto kegiatan saya di Piala Dunia FIFA 2018 Rusia.

Dasvidaniya!

Advertisements

12 thoughts on “[Catatan Relawan Piala Dunia] Bekerja di Dalam Stadion

  1. seruuu, aku ngikutin terus ceritamu Mit
    yg nonton dari tv aja sepertiku eforia banget apalagi dirimu yg terlibat langsung

    btw ntar ceritain suasana setelah kekalahan Jerman dari Korsel ya

    • Ahh sayang banget aku pas kerja gitu gak boleh keliatan banyak foto. Jadi gak ada foto. Cuma memang pemain Jerman nangis di ruang ganti tapi mereka masih mau ladenin waktu diminta tanda tangan untuk bola stadion, sebagai koleksi stadion.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s