Naik Kereta Api Ternyata Mudah dan Nyaman

Standard

Buat kalian yang sering berpergian dengan Kereta Api Indonesia, pasti tulisan saya ini sungguh lah tidak mengejutkan, pasti kalian sudah tau banget kalo sejak lama pembelian tiket kereta api tuh gampang, dan keretanya sendiri juga bagus!

Saya bisa dibilang (tadinya) masih terbayang-bayang keribetan memesan tiket kereta api. Eh ini memang bener lho, dulu itu ya beli tiket kereta belum semudah sekarang. Saya inget ada om dan tante yang rutin tiap tahun pulang kampung ke Madiun, mereka sering bercerita perjuangan membeli dan menukarkan tiket kereta api.

Saya sendiri nggak tau sejak kapan pembelian tiket kereta api sudah tinggal klik klik klik kelar; mengambil tiketnya juga cuma dalam hitungan detik (tidak dihitung antri tentu saja). Tahun 2013 ketika ke Jogja sama Tessa, bule Inggris rekan kerja di kantor lama, memang sih belinya sudah bisa lewat website Kereta Api Indonesia, tapi penukaran tiketnya agak lama karena masih memasukkan nomor KTP dan cetaknya juga lemot. Tiga tahun kemudian ketika kembali berlibur ke Jogja, kali ini bareng si Bebeb, saya nggak terlalu ngeh karena semua keperluan perjalanan si Bebeb yang urus. Hihi…

Baru deh pas ke Pekalongan untuk menghadiri pernikahan murid dua bulan lalu, saya merasakan sendiri gampangnya membeli dan menukar tiket kereta api, serta kenyamanan perjalanan dengan moda transportasi darat satu ini.

Saya memesan tiket lewat aplikasi online travel agency, yaitu Traveloka. Sentuh layar hape sana sini, isi data, sentuh layar hape sana sini, bayar, dan… pembelian sukses dan saya pun mendapat kode booking. Di hari perjalanan, saya cukup mendatangi mesin pencetak tiket yang ada di dalam stasiun, memasukkan kode booking pada layar yang tersedia, dan tiket langsung keluar cepat. Ih seneng!

IMG_9632

IMG_9635

Untitled

Sambil menunggu kereta datang, saya dan juga Bebeb yang ikut diundang ke pernikahan, pergi mencari sarapan. Stasiun saya waktu itu Gambir, dan meski masih pagi, sudah banyak kios makanan yang buka. Kami memilih Soto Daging Kriuk, tapi idola kami sebenarnya adalah kios di lantai atas yang menjual lontong, lemper, serta aneka kue basah.

IMG_9639

IMG_9641

IMG_9651

Kereta yang akan membawa kami ke Pekalongan tiba tepat waktu. Di kejauhan kami bisa melihat Monas menjulang. Kursi yang kami duduki terasa begitu nyaman terutama karena ruang kakinya yang luas. Wah, nggak perlu khawatir pegal meski perjalanan panjang; apalagi sambil melihat pemandangan yang semakin jauh dari Jakarta semakin berwarna hijau karena hamparan sawah… Bergantian, saya membaca buku sambil diselingi menatap ke luar jendela kereta.

IMG_9656

IMG_9663

IMG_9660

D5C34848-C0CE-4E23-9854-97475C41534F

IMG_9693

Processed with VSCO with e3 preset

Berhubung perut saya dan Bebeb sudah cukup terisi dan perbekalan cemilan kami memadai, kami tidak jajan di kereta menuju Pekalongan. Tapi pas pulangnya, karena nggak sempat sarapan di hotel, saya dan Bebeb membeli nasi kotak yang dijajakan petugas. Porsinya cukup mengenyangkan lho, dan tersedia beragam varian lauk pauk.

IMG_9927

7f1d2985-5605-4705-a49e-171da3aaf202

Kapan-kapan, saya mau naik kereta api lagi ah. Mungkin ke Sukabumi karena dekat dari Depok, atau Semarang karena kulinernya enak-enak. Ada yang mau ikut?

IMG_9726

IMG_9728

IMG_9925

IMG_9915

Advertisements

5 thoughts on “Naik Kereta Api Ternyata Mudah dan Nyaman

  1. Setujuu enak naik kereta api. Nyaman. Trus kalo ke stasiun, dapet nuansa apa ya. Hmm.. semacam excited dan syahdu krn mau jalan-jalan dgn rute panjang 😅 #apasih

    Cuma kalau utk tiket, menurutku udah jauuuuuh lebih baik meski yg pesan online tetep harus ngantri. Tapi bener-bener lebih baik dan lebih praktis sekarang.

Leave a Reply to teronggemuk Cancel reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s