Makanan Khas Betawi Yang Jadi Favorit

Standard

Saya tuh ya, karena kerja sampe rumah udah jam 11, dan deket rumah banyak banget tenda yang jual makanan, sering tergoda untuk mengisi perut di malam hari. Itu dia yang selalu menggagalkan diet. Pagi udah oke nih, sarapan sehat. Siang juga, yes lancar bisa nahan nggak jajan. Malem donggg, begitu udah di atas motor sama si Bebeb, trus sepanjang jalan ke rumah kanan kiri banyak yang menggugah selera, kelar! Apalagi si Bebeb juga suka nawarin kan. LEMAH! Ahahaha…

Serunya, jenis makanan yang dijual itu beragam banget. Nasi goreng Jawa, mie Aceh, sate Padang, pempek Palembang, martabak Kubang… semua enak! Kalo saya sendiri, seringnya pesen makanan khas Betawi. Kalian juga penggemar makanan ini bukan?

Nasi Uduk

Siapa yang nggak kenal nasi gurih ini? Dimasak dengan santan, daun salam, dan serai bikin nasi uduk punya rasa dan aroma khas. Saya biasanya minta ditaburi bawang goreng yang banyak! Dan nggak lupa dong lauknya harus ada telur balado, bihun goreng, dan gorengan bakwan serta tahu. Ditambah sambal kacang, duh nikmat! Kalo si Bebeb, sukanya pake semur jengkol. Hihi…

Nasi Uduk

Lagi keabisan telur balado. Yang ini nasi uduknya “cuma” pake lauk bihun, gorengan tiga biji disiram sambal kacang.

Ketoprak

Makanan satu ini juga sulit untuk saya tolak. Ketupat atau lontong, bihun, potongan tahu goreng, toge rebus, irisan timun, dicampur ke bumbu kacang halus beraroma bawang putih, serta tidak lupa ditambah kecap manis, kerupuk, telur dadar? AAAHHHH!! Lezattt.

Ketoprak

Nggak semua pedagang jual ketoprak pake telur dadar. Nggak apa lah yes.

Soto Betawi

Kalo lagi pengen yang anget-anget, inceran saya ya Soto Betawi. Parahnya, saya suka yang isian babat. Huhu… Padahal kan nggak sehat ya? Tapi gimana dooong, enak banget itu babat dan kuah santannya. Dikucuri sambal cabe ulek dan perasan jeruk nipis, menambah cita rasa.

Soto Betawi

Sengaja kuahnya nggak dituang semua, biar kamu ngiler liat dagingnya.

Kalo ada yang nanya, makanan khas Betawi paling enak tuh beli di mana? Menurut saya sih, mau beli dari pedagang mana aja, enak! Gerobak kek, kedai kek, atau bahkan cuma penjual yang jualan dari depan rumah. Justru saya malah merasa beli di restoran yang kurang menarik.

Betewe ngomongin makanan gini, saya jadi inget waktu liburan ke Karimun Jawa. Kebetulan saya sempat mampir Semarang dan di sana saya diajak sama murid untuk kulineran. Duh asli, masih keinget sama enaknya nasi gandul, soto bangkong, dan mie kopyok. Murid saya bilang, kulineran di Semarang nggak cukup sehari. Saya harus balik lagi untuk nyoba lebih banyak lagi. Wawawa! Bisa jadi referensi liburan selanjutnya nih. Apalagi Semarang itu nggak jauh dari Jakarta, nggak butuh cuti lama-lama. Tiket pesawat Semarang Jakarta juga gampang dicari dari beragam online travel agency, salah satunya lewat Pegipegi.

Kebetulan, Pegipegi ini sering saya akses lewat website dari PC kantor. Saya suka sama tampilannya yang ramah mata (sederhana, warna latar putih dengan tulisan hitam dan sedikit warna oranye), serta cara pencarian yang juga mudah. Di halaman pertama website, kita tinggal pilih dari bar di bawah logo; mau nyari hotel, pesawat, atau kereta api. Kalo nyari tiket pesawat, masukin aja info dari mana mau ke mana, tanggal pergi pulang, berapa orang, dan klik “cari tiket”. Udah deh, tunggu pencariannya mencapai 100% dan kita bisa pilih mana yang cocok sesuai kantong. Keterangan yang jelas bikin saya lebih mudah memutuskan. Harga tiket pesawat di Pegipegi juga cukup bersaing.

Nah kan, nah kan, jadi gatel mau cari tiket pesawat. Emang sih, sisa cuti saya tinggal tiga hari (padahal baru juga tengah tahun astaga!) tapi bisa lah dicari jalan untuk liburan. Ye nggak? Kalo kamu, bakal liburan ke mana selanjutnya? Dan bakal kulineran apa aja? Ceritain dong!

One thought on “Makanan Khas Betawi Yang Jadi Favorit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s