Sultan Aji Muhammad Sulaiman: Bandara Ramah Anak

Standard

Kapan ya pertama kali saya ke bandara? Sepertinya sih tahun 1997. Saya menjejakkan kaki di Soekarno Hatta ketika mengantar Papa bekerja di Amerika. Saat itu saya, Mama dan Budhy hanya bisa mengantar sampai di luar. Papa mencium kami sesaat sebelum masuk seraya berpamitan. Ya, bandara memang tempatnya orang bertemu dan berpisah.

Jika beberapa bulan lalu saya sempat menulis tentang Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, kali ini saya mau mengupas tentang Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman. Terdengar asing? Tidak mengapa. Nama ini memang baru diresmikan tanggal 15 November 2014. Awalnya, kita mengenal dengan nama Bandara Sepinggan. 9 tahun silam saat saya datang ke Balikpapan, Sepinggan sangat sederhana. Kecil, panas, dan kurang nyaman. Bandara inilah yang menjadi saksi pertemuan pertama saya dengan suami.

Sekitar tahun 2013, saya mendengar kalo Bandara Sepinggan akan direnovasi, eh ternyata malah dibuatkan bangunan baru dengan dominasi warna putih berkonsep futuristik yang modern, tanpa menghilangkan ciri khas etnis Kalimantan itu sendiri. Keren!

Luas, terisi dengan restoran, kios makanan dan toko oleh-oleh, bandara yang namanya diambil dari nama Raja Kutai Kartanegara ini sangat ramah anak-anak lho. Selain kamar khusus untuk ganti popok yang menjadi ruangan wajib di bandara manapun, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman juga menyediakan beragam fasilitas supaya anak-anak nggak rewel selama menunggu pesawat. Ada arena nonton yang dilengkapi kursi warna-warni dan TV besar, arena permainan aktif, sampai stroller gratis. Wah, benar-benar bertaraf internasional! Semoga makin banyak bandara di Indonesia yang mengalami peningkatan, supaya pariwisata kita pun makin maju.

Advertisements

12 thoughts on “Sultan Aji Muhammad Sulaiman: Bandara Ramah Anak

    • Untuk bandara ini aku kurang tau, tapi kalo di bandara Soekarno Hatta boleh. Mungkin bisa juga ya, hanya saja siapkan jawaban kalo ditanya kenapa harus bermalam di bandara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s