[Catatan Relawan Piala Dunia] Nonton Piala Dunia 2018 di FIFA Fan Fest Kazan

Standard

Privet!

Piala Dunia 2018 akhirnya digelar juga di Rusia!! Saya nonton upacara pembukaannya di FIFA Fan Fest Kazan bareng Jihuai. Tapi sebelum tiba di Fan Fest, kami jalan-jalan dulu di Kremlin menikmati bangunan-bangunan yang jadi ciri khas kota Kazan, salah satunya Mesjid Qolsharif. Setelahnya, baru deh kami naik bis menuju Fan Fest. Oiya, sebagai relawan FIFA kami dapat kartu keliling kota gratis, makanya kami bisa banyak-banyak mengunjungi tempat di waktu kosong.

01ea7e22cb65d3fd4746e50f5fb066246ff2778abd

FIFA Fan Fest memiliki layar TV besar yang bikin pengalaman nonton jadi lebih seru. Hingar bingar penonton, berbaur dengan kencangnya suara dari TV. Saya sempat meneteskan air mata ketika melihat pembukaan Piala Dunia tersebut. Nggak nyangka aja, tahun 1998 saya berangan-angan pengen nonton pergelaran sepak bola terbesar dunia ini, eh sekarang beneran jadi nyata. Lebih beruntungnya, ikut terlibat sebagai relawan! Ya emang sih kalo pas pertandingan pertama saya nggak nonton langsung, tapi nanti kan akan ada enam pertandingan di Kazan Arena yang bisa saya nikmati sambil bekerja.

01ab852d2ddc579a90f5e590ca0fb9ef06a1f8e445

010c20dc1655b15ac5710a93c900fc093c8182affd

Saya dan Jihuai dengan wajah kami yang Asia cukup mencuri perhatian banyak orang. Beberapa kali kami diajak ngobrol dan foto bersama. Tanda pengenal relawan yang kami pakai juga bikin pengunjung bertanya ke mana arah toilet. Baik!

01464218d2807b1e85b48d3c3c4d09158d69952d09

Usai upacara pembukaan, pertandingan pertama antara Rusia melawan Arab Saudi pun dimulai. Rusia main nge-gas dan menutup kemenangan dengan manis. 5-0 cuy! Terlihat Presiden Rusia dan Raja Arab Saudi saling bercengkrama.

014e8454ccf883b1073adc341817155fb7e90b164f

Saya dan Jihuai juga menikmati makanan gratis yang tersaji yaitu chak-chak, makanan ringan khas Tatarstan. Kalo di Indonesia tuh mirip kue gabus cuma chak-chak versi padatnya. Hehe…

014074cbaafb4355c13047e8aeb1f2c72bbffd6d7b

FIFA Fan Fest dengan segala kemeriahannya juga membawa saya bertemu dengan pendukung tim nasional Argentina asal Argentina, momen yang bikin dada saya dipenuhi haru karena saya mendukung Argentina sejak kecil. Salah satu dari mereka bernama Gaston dan dia bersikap begitu ramah. Saya memberinya tanda mata berupa uang kertas Rp. 1,000 dan kartupos bergambar Indonesia. Teriakan senang dan pelukan erat menjadi balasan yang cukup mengejutkan.

Dari yang cuma bisa berkhayal berjumpa penggemar bola dari negara lain, sampe akhirnya bisa beneran ketemu itu rasanya… wah! Nggak bisa dilukiskan dengan kata-kata. Apalagi hari itu sama sekali bukan pertandingan Argentina, eh bisa-bisanya ada pendukung asal Argentina. Beruntung! Kayaknya, saya bakal sering ke FIFA Fan Fest nih! Karena suasana nonton di sini meriah!

0113fe48bfb55197a089c570e8e3ed26114d2a99ef

Nantikan cerita saya selanjutnya ya! Dan cek hestek #CatatanRelawanPialaDunia di Instagram untuk melihat foto-foto kegiatan saya di Piala Dunia FIFA 2018 Rusia.

Dasvidaniya!

Advertisements

3 thoughts on “[Catatan Relawan Piala Dunia] Nonton Piala Dunia 2018 di FIFA Fan Fest Kazan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s