[Catatan Relawan Piala Dunia] Mampir Siberia Ditemani Olga dan Polina

Standard

Privet!

Sampe sekarang saya belum menulis tentang hari terakhir bekerja sebagai relawan Piala Dunia FIFA 2018. Nanti aja deh, biar pas sebagai penutup rangkaian petualangan sepakbola saya di Rusia.

Sekarang saya mau sedikit bercerita satu hari yang saya lewati di Siberia, tepatnya kota Novosibirsk. Kenapa bisa terdampar di kota ini? Kebetulan karena pesawat pulang saya itu mampir Bangkok dulu, nah transitnya ini 20 jam di Novosibirsk Siberia.

Wuaw, saya sih mendengar kata Siberia langsung teringat dengan kereta yang ditarik anjing jenis Siberian Husky, di padang salju luas terbentang. Dan memang, begitu pesawat mau mendarat, saya sampe ngucek mata liat pemandangan di bawah. Karena saya dateng pas musim panas, yang terlihat ya hamparan tanah luas ditutupi rumput hijau dan di jarak yang berjauhan ada kelompok-kelompok hutan hijau. Kebayang kalo musim salju pasti mirip persis dengan yang saya liat di TV. Pas mendarat, saking sibuknya foto-foto, saya sampe lupa ambil paspor dan boarding pass dari kantong kursi ,dan selanjutnya bisa ditebak… saya sadar nggak pegang paspor pas udah di dalem bandara! Ya Allah untung komunikasi lewat Google Translate lancar dan paspor serta boarding pass saya kembali.

WhatsApp Image 2018-07-10 at 21.48.49

Sebenernya sih, nggak ada yang spesial banget dari jalan-jalan saya di Novosibirsk. Kota ini cukup ramai, dengan arsitektur sederhana namun cukup memukau karena rata-rata lebar memanjang dari ujung ke ujung, serta tinggi (efek tanah negaranya juga luas). Tapi, semua terasa berbeda karena hari itu saya ditemani seharian oleh Olga, teman yang saya dapatkan lewat Piala Konfederasi taun lalu. Olga nggak ikut jadi relawan Piala Dunia karena dia ada lulusan kuliah. Bener memang kata temen saya Rey, bertemanlah sebanyak-banyaknya sampe dunia terasa sempit. Lah siapa sangka anak Depok main ke Siberia, trus di sana punya temen pulak yang bisa didatengin.

Olga datang berdua temannya, Polina. Kami pergi ke Kebun Binatang Novosibirsk yang menurut saya keren banget. Selain luas, suasananya kayak di hutan beneran, dengan kandang-kandang berisi hewan dari seluruh dunia. Banyak hewan yang baru pernah saya liat langsung di sana. Cuma karena keterangannya pake Bahasa Rusia, saya nggak tau nama awamnya apa. Saya juga nggak banyak foto penghuni kandangnya, karena mereka lebih cantik dan menawan dilihat langsung. Keinget deh sama Omar keponakan di rumah, dia pasti bakal seneng banget diajak ke sini. Sayang jauh di belahan dunia lain. Haha… Eh tapi meski begitu nggak ada perbedaan waktu lho antara Novosibirsk dan Waktu Indonesia Barat.

WhatsApp Image 2018-07-10 at 21.48.49 (1)

Sore hari setelah puas menjelajah Kebun Binatang Novosibirsk, saya kebetulan ada wawancara langsung dengan CNN Indonesia mengenai keikutsertaan jadi relawan Piala Dunia. Olga dan Polina ngajak saya ke taman supaya saya bisa ditelpon dalam kondisi tenang, dan jeng jeng… tanpa saya sadari si Polina masuk ke dalam frame dengan pose nyantai kayak di pantai. Biarin dah, biar terbukti saya beneran diwawancara ketika lagi di Rusia.

WhatsApp Image 2018-07-10 at 21.48.48 (1)

Sebagai penutup, kami makan Tom Yam yang surprisingly rasanya mirip dengan rasa di Bangkok, lalu belanja coklat khas Rusia di salah satu mal, dan Olga serta Polina nemenin saya di bandara sampe jam 1.30 pagi ketika saya siap berangkat. Terharu!!

Alhamdulillaah pesawat tepat waktu, perjalanan sampai tiba di Bangkok juga lancar hanya 2-3 kali ada turbulensi parah. 20 jam di Novosibirsk yang menyenangkan.

WhatsApp Image 2018-07-10 at 21.48.48

Nantikan cerita saya selanjutnya ya! Dan cek hestek #CatatanRelawanPialaDunia di Instagram untuk melihat foto-foto kegiatan saya di Piala Dunia FIFA 2018 Rusia.

Dasvidaniya!

Advertisements

One thought on “[Catatan Relawan Piala Dunia] Mampir Siberia Ditemani Olga dan Polina

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s