#CeritaJamKosong #14 “Sekolah” Lagi

Standard

Beberapa hari yang lalu waktu ngajar materi berjudul “5-Year Planning”, kebetulan murid yang daftar cuma satu. Namanya Evan. Sesuai judul materi, kami ngobrol tentang rencana-rencana masa depan yang berhubungan dengan karir, keluarga, finansial, kesehatan, dan liburan. Pas lagi bahas pendidikan, saya nanya ke Evan apakah dia mau lanjut kuliah ke S3. Kebetulan anaknya emang udah kelar S2. Jawaban dia, gak. Lalu dia nanya balik ke saya. Jawaban saya, mau! Tapi sayangnya sampe sekarang saya belum menemukan kuliah S2 Bahasa Inggris yang ada kelas akhir pekan dan terjangkau secara jarak maupun biaya. Malah kalo ngomong impian muluk-muluk, pengen banget bisa S2 ambil Creative Writing di luar negeri. Namun ya, saya bisa menakar kemampuan otak ini. Ahaha!

Saya bilang sama Evan, selama saya belum mampu lanjut kuliah, saya suka lakuin hal-hal baru untuk setidaknya otak saya yang berkarat ini tetep diajak mikir; macem kelas penyiar, workshop bikin podcast, kelas presenter… Evan lalu langsung terlihat bersemangat. Dia bilang, saya bisa ikutan kelas online yang dibikin sama Harvard University, gratis! Saat itu juga dia kirim saya tautan yang akhirnya saya buka, daftar, dan sekarang saya lagi ngikutin kelas berjudul “Introduction to Data Wise: A Collaborative Process to Improve Learning and Teaching”. Asli, saya gak tau ini pelajaran tentang apa. Saya ambil karena ini satu-satunya yang gratis di sektor pendidikan website tersebut. Karena saking pengennya aja belajar sesuatu, saya komit akan ikuti ini sampai selesai.

Kebetulan karena materinya sudah siap semua, saya cuma perlu konsisten belajar ngikutin tiap bab. Dari hasil sekedar intip-intip, materinya ada berupa video, tulisan, trus ada semacam pertanyaan pemahaman di tiap bagian, yang harus saya isi. Udah deg-deg-an duluan aja. Ahaha. Tapi saya deg-deg-an semangat lho. Seneng aja ada kesempatan untuk ningkatin kemampuan secara gratis, cuma bermodalkan koneksi internet dan niat. Ah andai niat diet dan nyelesaiin novel saya sebesar niat belajar ini, pasti saya udah kurus dan udah berhasil nerbitin satu karya tulis. Dasar saya, pemalas! Sudahlah, saya jangan jumawa. Tau-tau ke sininya niat “sekolah”-nya ikutan surut, malu dong. Hihi. Oh iya, kamu bisa lho mampir ke website tempat saya “sekolah” di edX.org. Intip-intip aja siapa tau ada kelas yang sesuai dengan minat kamu dan bebas biaya. Lumayan kan! Apalagi selain Harvard, ada banyak universitas kelas dunia lain yang juga nyediain kelas gratis. Cus!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s