Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup Balikpapan

Standard

Pernah nggak sih denger orang bilang, kalo sekali kita ke tanah Kalimantan, nanti bakal susah pulang alias kepengen ada di situ terus? Well, dulu waktu saya pacaran sama orang Balikpapan, keluarga di Depok sini sempet waswas gitu. Karena katanya banyak kejadian mereka yang mendapat jodoh orang Kalimantan, itu nggak bisa pulang. HAHA! Apa kabar saya yang akhirnya bersuamikan orang Borneo?

Ternyata memang benar adanya…!

Tapi bukan sulap bukan sihir lah, Kalimantan yang wilayahnya masih banyak sungai, hutan dan pepohonan, memang pasti selalu dikangenin pencinta alam kayak saya. Setiap kali ke Balikpapan, kampung halaman suami, saya pasti selalu mencari waktu untuk mendatangi tempat-tempat yang menarik. Misalnya ke Bukit Bangkirai dan Hutan Mangrove, atau ke jembatan Manggar Besar yang di bawahnya banyak perahu.

Dua bulan lalu, saya singgah ke Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup, atau biasa disingkat KWPLH, bersama para keponakan. Ada apa di KWPLH?

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

1. Rumah Kucing

Wah, entah berapa banyak kucing yang mereka pelihara di sini. Kucing-kucing tersebut bebas berkeliaran dan kondisi mereka sehat, ceria serta aktif. Tiap kali masuk jam makan, si penjaga cuma perlu teriak “Makaaan!” sambil membunyikan sesuatu. DAN ITU KUCING-KUCING LANGSUNG NYAMPERIN DONG!! Mereka udah terlatih untuk tau kalo teriakan dan bunyi tersebut adalah panggilan untuk mengisi perut.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Para kucing penghuni KWPLH juga diajarin disiplin. Tiap kucing punya piring mereka sendiri, jadi nggak boleh serobot jatah kucing lain. Kandang mereka luas, bersih, dan kalo kalian minat kalian boleh banget adopsi kucing yang ada di sana.

Ini ada beberapa tips merawat kucing dari Rumah Kucing KWPLH:

  • Sediakan bak khusus untuk kucing buang air besar
  • Beri makan 2 kali sehari dan selalu sediakan air segar
  • Jangan lupa ajak kucing bermain
  • Sediakan tempat tidur mereka sendiri
  • Sisir bulu tiap minggu
  • Jangan lupa vaksin dan perawatan berkala tentang cacing dan kutu

2. Kandang Beruang Madu

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Eits, kandang yang dimaksud bukan kandang tertutup lho. Tapi arena yang dibikin sealami mungkin dengan tempat tinggal asli Beruang Madu. Hanya pagar kawat saja yang memisahkan mereka dengan pengunjung. Serunya, kita menyaksikan Beruang-beruang Madu ini dari atas jembatan kanopi. Sekelilingnya penuh pepohonan dan terasa menyenangkan berjalan di atas jembatan ini.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Beruang Madu paling tua di KWPLH bernama Benny, umur 22 tahun. Dari awal dia tiba di KWPLH, Benny sudah nggak punya cakar karena dipotong oleh pemilik sebelumnya. Ada total 7 Beruang Madu dan semuanya ini hasil sitaan. Jadi KWPLH bukan ngambil Beruang Madu liar dari hutan, melainkan justru mereka menyelamatkan para Beruang Madu dari pemilik liar.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Jam makan mereka adalah jam 9 pagi dan 3 sore. Jadi kalo kalian mau liat mereka dikasih makan, datanglah sebelum jam tersebut ya. Dan ssssttt! Jangan berisik selama menyaksikan, karena bisa bikin Beruang Madu tidak nyaman dan akhirnya malah ngumpet.

KWPLH nggak menentukan harga tiket masuk, kalian boleh donasi secara sukarela. Donasi yang banyak ya! Supaya Beruang Madunya bisa tetap hidup layak. Hoho…

3. Zona Foto

Ini sih saya aja yang sebut sebagai zona foto, karena memang ada banyak titik yang asik untuk foto cantik. Bisa di arena bermain, atau di jembatan kanopi itu sendiri. Seru!

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Dear Balikpapan, liburan selanjutnya, apa lagi yang bisa saya datangi?

Advertisements

10 thoughts on “Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup Balikpapan

  1. Halo Mbak Mita, salam kenal yaaa.
    Saya empat tahun tinggal di sana dan betah banget, kotanya bersih cantik, orang-orang nya juga ramah, walaupun nggak punya sodara di sana rasanya teman-teman menjadi sodara saya.
    Udah main ke jalan minyak? Pantai kilang? Pantai Lamaru? Penangkaran buaya? Kalau saya sukanya wisata kuliner.

    • Hai Mbak, salam kenal juga ya. Iya saya sudah cukup banyak main-main di Balikpapan karena sejak 2007 sudah sering ke Kota Minyak ini. Pacaran dan akhirnya menikah dengan orang Balikpapan. Hehehe… Tapi rasa-rasanya akan selalu ada tempat yang ingin saya jelajahi. Wahh… Suka kuliner apa aja Mbak?

  2. Haloo mbaa, saya orang balikpapan tapi gak pernah main ke tempatnya si beruang madu huhu 😂 ternyata kayaknya seru yaa mbaa..
    Cobain ke Lamin Etam deh mba, disana juga banyak permainannya juga katanya..

    Salam kenal yaa mba dari orang Balikpapan 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s