Pemulihan Setelah Operasi Amandel

Standard

I hate hospitals.

Semua di keluarga saya tau kalo sebisa mungkin saya akan menghindari jenguk orang di rumah sakit. Lebih baik saya menunggu sampai orang tersebut sudah pulang ke rumahnya. Yah, kalaupun terpaksa, maka saya hanya mau menghabiskan waktu beberapa menit saja. Itulah kenapa kalo sakit saya nggak pernah ke rumah sakit. Klinik, sudah cukup. Paling ke rumah sakit kalo check-up mata, demi dapat pengganti uang kacamata dari kantor. Entah kenapa, rumah sakit membawa aura yang membuat saya tidak nyaman.

Sepandai-pandainya tupai melompat, akhirnya jatuh juga.

Cocok nggak ya itu peribahasa? HAHA! Well, sekuat-kuatnya saya menghindari rumah sakit, akhirnya kudu dirawat juga lantaran amandel saya yang kian meradang dan mau nggak mau harus dipotong.

Baca: Diary Amandel #TerongGemuk

Pemulihan setelah operasi amandel bisa dibilang penuh drama dan air mata. Sakit menelan, itu yang bikin saya tersiksa minum dan makan. Dalam waktu 2 minggu bobot saya hilang 9 kilogram! Gimana nggak, yang bisa masuk cuma bubur, itu pun susah payah dan setelah tiga suapan saya biasanya menyerah.

Ketika kondisi berangsur membaik, saya putuskan harus ambil langkah tegas ((TEGAS)) supaya pemulihan bisa lebih cepat lagi. Nih, saya bagi beberapa tips dari pengalaman saya setelah operasi amandel.

1. Makan Makanan Bergizi

Seperti yang saya bilang, selama dua minggu saya cuma bisa makan bubur. Nggak ada gizinya. Belum lagi asupan yang masuk cuma beberapa sendok aja dalam sehari. Maka saya pun mulai membenahi menu makan ketika tenggorokan ini sudah bisa makan yang agak kasar. Nasi putih saya ganti nasi merah, sayuran wajib ada untuk membantu penyembuhan luka, protein dari tahu, tempe, telur atau ayam juga wajib dikonsumsi. Satu yang perlu saya waspadai: Hindari cabai, lada dan garam karena bisa bikin tenggorokan perih.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Karena maksa membiasakan diri makan sehat, sampe sekarang jadi terus terbiasa.

2. Minum Air Yang Banyak

Saya ini penyuka minum air putih. Kebayang dong kesalnya hati ketika nggak bisa leluasa menikmati minuman favorit. Iya, bahkan air putih pun susah ditelan. Tapi supaya tenggorokan nggak kering dan malah memperparah bekas luka, tetap harus banyak minum air putih meski nggak nyaman.

Ubud

3. Buah, Buah dan Buah

Menyiasati kebutuhan air, saya juga mengonsumsi buah dengan kadar air tinggi seperti semangka, serta buah yang mudah lembut ketika dikunyah seperti pepaya. Jauh-jauh dulu dari buah favorit saya jeruk, karena asamnya bikin perih. Pisang juga entah kenapa bikin tenggorokan saya perih dan gatal, mungkin karena nggak banyak mengandung air ya. Seret.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Kalo dari hasil penelusuran di Google, rata-rata dewasa sembuh dari operasi amandel dalam dua sampai tiga bulan. Saya sendiri alhamdulillah di hari 36 sudah bebas makan apa saja. Drama dan airmata saat pemulihan? Sudah terlupakan tuh! Tapi kalo diingat-ingat… Duh, jangan lagi jatuh sakit deh.

Advertisements

21 thoughts on “Pemulihan Setelah Operasi Amandel

  1. Semoga selalu sehat, ya, Mba…
    Btw, gambar buahnya menggoda banget. Jadi kepengin makan buah yang seger2 nih, hehe…
    Btw lagi, saya juga ada pengalaman yang sama. Boleh banget kalau mau mampir πŸ™‚
    Thank you

  2. Grace N

    mba… seminggu pasca operasi sakit bgt ga sih n kdg2 masih keluar darah ga? dan seminggu pertama makan apa y? makan bubur nasi aja kdg msh nyeri bgt

    • Halo Grace. Yes aku sakit bangetnya sampe seminggu. Setelah itu cuma sakit aja tapi hari 9 udah bisa makan roti. Cuma amannya sampe 2 minggu aja makan lunak karena aku sempet pendarahan karena makan popcorn. Wahh kalo seminggu pertama aku bisa masuk 5 sendok bubur aja uda bagus. Pereda nyerinya jangan lupa ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s